25.5 C
New York
Monday, June 24, 2024

Makanan dan Minuman Penetralisir Usai Makan Daging Kurban

MISTAR.ID

 

Makan daging di momen Idul Adha ini memang cukup lezat. Terlebih daging kurban merupakan daging yang sehat dan belum diawetkan. Pastilah cita rasanya sangat dinantikan. Tak heran jika usai mendapatkan daging kurban pembagian dari Masjid, para ibu sibuk memasak. Masakan berbahan daging kambing dan lembu bermacam macam jenis, mulai sate, gulai, semur atau tongseng yang sayang untuk dilewatkan.

Meski daging memiliki nilai gizi yang tinggi, namun jika mengkonsumsi secara berlebih juga tidak baik bagi tubuh umumnya lansia atau usia 40 tahun ke atas. Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada daging kambing juga bisa meningkatkan risiko pada pembuluh darah dan jantung.

Karena itu, dalam mengonsumsi daging kambing perlu ada pembatasan yang sesuai dengan usia, berat badan, jenis kelamin, dan tentu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan.

Yang pasti, jangan berlebihan dalam mengonsumsi daging kambing atau lembu saat momen kurban.

Tapi, jangan khawatir saat Anda lalai dengan santapan daging kurban. Anda bisa menetralisir daging kurban dengan beberapa makanan berikut.

Inilah beberapa makanan penetralisir yang bisa Anda konsumsi usai makan daging kambing saat momen kurban.

Baca juga: Saat Perayaan Idul Adha, Hindari Jenis Makan ini

Dikutip dari Web MD, inilah beberapa makanan penetralisir usai makan daging kambing, antara lain:

1. Jus jeruk

Jus jeruk tentu menyegarkan. Namun selain menyegarkan ternyata juga sangat ampuh dijadikan sebagai penawar dari efek negatif daging kambing.

Dan yang perlu diperhatikan seperti jus jeruk tersebut tanpa dicampur oleh gula agar berfungsi sebagai penurun kolesterol.

2. Tomat

Makanan penetralisir yang bisa Anda konsumsi usai makan daging kambing saat momen lebaran kedua adalah tomat.

Buah ini juga sangat ampuh dijadikan sebagai penawar efek negatif dari makan daging kambing karena tomat mengandung likopen yang berfungsi sebagai penurun kolesterol.

3. Acar

Sebagai penyeimbang naiknya kolesterol akibat makan daging kambing, anda bisa memakan acar yang terdiri dari mentimun,nenas, bawang merah dan wortel.

Karena acar mengandung asam amino belerang yang sangat berguna menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta menaikkan kolesterol baik (HDL).

Baca juga:Jelang Idul Adha 2024, Kambing Paling Banyak Dicari di Simalungun

4. Minum teh

Makanan penetralisir yang bisa Anda konsumsi usai makan daging kambing sselanjutnya adalah minum teh.

salah satu alternatif untuk menetralisir efek negatif setelah makan daging kambing dengan meminum teh tawar panas yang mengandung katekin atau teh hijau.

5. Buah-buahan

Setelah makan daging kambing agar tidak menimbulkan efek negatif pada kesehatan salah satu alternatif menetralisirnya dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan yang baik untuk sebagai penawar antara lain pisang, semangka, jeruk dan alpukat.

Meskipun ini adalah momen untuk menikmati olahan daging kambing, namun jangan melupakan kesehatan.

Konsumsi daging kambing secukupnya dan jangan lupa konsumsi beberapa makanan penetralisir usai makan daging kambing saat momen kurban ini.

Itulah beberapa makanan penetralisir yang bisa dikonsumsi usai makan daging kambing saat momen kurban. (mtr/hm06)

Related Articles

Latest Articles