25.2 C
New York
Sunday, July 14, 2024

Kapolsek Medan Area Disebut Anggap Kepling Kurang Berperan Jaga Keamanan di Mandala

Medan, MISTAR.ID

Kapolsek Medan Area, Kompol Hendri Aritonang memimpin apel siaga di Kantor Lurah Tegal Sari Mandala (TSM) I Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, pada Selasa (9/7/24) dini hari.

Dalam arahannya, Hendri mengatakan, akan meminta Camat melakukan mutasi terhadap Kepala Lingkungan (Kepling) di Kelurahan TSM I.

Hal itu diungkapkan salah seorang Kepling di TSM I. Dalam arahannya tersebut, Hendri mengatakan, Kepling kurang berperan aktif dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.

Baca juga:Pasca Keributan di Mandala, Polisi dan Kepling Gencarkan Patroli Malam

“Katanya kami kurang lah. Padahal kami dalam setiap pengajian, partamiangan, wirid, pokoknya semua perkumpulan kemasyarakatan selalu imbau pada orang tua agar melihat anaknya ketika tengah malam,” kata Kepling tersebut saat dihubungi mistar.id, pada Selasa (9/7/24) sore.

Oknum Kepling itu mengaku kecewa, karena menurut dia, seharusnya Hendri tidak semestinya melakukan hal tersebut. Kepling katanya hanya bisa dievaluasi dan bukan dimutasi.

“Kami ini ibarat Pekerja Harian Lepas (PHL). Jadi bukan dimutasi kayak pejabat. Kalau memang mau, dipecat langsung sama Camat. Bukan dimutasi,” tegasnya.

Selain itu, menurut Kepling ini, petugas kepolisian seharusnya lebih berperan aktif dalam menjaga kamtibmas di wilayah hukum (wilkum) nya. Pasalnya, Polsek Medan Area dikatakan terkesan lambat dalam menjaga keamanan di wilkum sendiri.

Baca juga:Kepling Bantah Pencurian Motor Terjadi di Jalan Menteng VII Medan Denai

“Kayak polisi India, sudah kejadian baru datang. Sudah tahu di sini sering ribut, harusnya dibuat lah pos. Dudukkan polisi di sini beberapa orang dari tengah malam sampai pagi. Saya pastikan aman di sini. Nggak bakal ada ribut-ribut lagi,” bebernya.

Dia menjelaskan, pihak kelurahan telah melakukan upaya-upaya menjaga ketertiban dan keamanan di sana. Bahkan upaya itu dilakukan oleh 3 kelurahan sekaligus.

“TSM I, II, dan III kami selalu gabung setiap malam ada yang piket. Keliling jumpai warga, mengingatkan orang tua. Kalau jumpa anak-anak kumpul 5 orang saja sudah kami bubarkan,” ucapnya.

Kompol Hendri ketika dikonfirmasi kembali membantah tudingan tersebut. Menurut Hendri, dia hanya meminta Camat untuk memperkuat sinergitas dalam menjaga kamtibmas di wilayah Kecamatan Medan Denai.

Baca juga:ASN dan Kepling Dilantik Jadi PPK Kota Tebing Tinggi, Diminta Harus Ada Izin dari Atasan

“Isu dari mana itu? Jangan dipelintir lah. Saya bilang, saya akan meminta Camat agar Kepling lebih meningkatkan lagi mengingatkan masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, dirinya tidak memiliki hak dalam memutasi kepala lingkungan. “Apa hak saya di situ. Nggak lah, gak ada itu bang,” tegasnya saat dihubungi via WhatsApp (WA).

Hendri menerangkan, pihaknya telah membuat posko di kantor Lurah TSM I. Di sana personel Polsek Medan Area melakukan patroli setiap malamnya secara bergiliran.

“Kita juga sudah capek ngurusin tawuran ini bang. Bukan ini Saja yang kita urusin. Kita minta peran Kepling lebih ditingkatkan. Kita juga tingkatkan kok dalam berpatroli. Tapi namanya manusia nggak ada yang sempurna,” tutupnya. (putra/hm16)

Related Articles

Latest Articles