13.7 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Kalapas Tanjung Gusta Sebut Kemiskinan dan Kebodohan Tantangan Bangsa ke Depan

Medan, MISTAR.ID

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Tanjung Gusta Medan Maju Amintas Siburian, mengungkapkan tantangan ke depan bagi generasi penerus bangsa. Hal itu disampaikannya saat memimpin Upacara Hari Pahlawan ke-78 di Lapangan Upacara Lapas Tanjung Guta Medan, Jumat (10/11/23).

“Hari Pahlawan tahun ini bertemakan ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara,” ujarnya.

Maju mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kota Medan untuk merenung dan menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Mengingat kita merupakan negara yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, serta kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” katanya.

Baca Juga : Hari Pahlawan, PJ Gubsu Kapolda Hingga Pangdam Gelar Ziarah Bersama

Ancaman dan tantangan ini, lanjut Maju, akan bisa ditaklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945 (pahlawan).

“Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” lanjutnya.

Dituturkan Maju, Pahlawan dahulu juga telah mengajarkan semangat perjuangan, seperti menolak kalah dan menyerah pada keadaan.

“Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Serta, mewujudkan masa depan yang lebih baik,” tuturnya. (deddy/hm24)

Related Articles

Latest Articles