6.5 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

HMJ KS FISIP UMSU Masuk Nominator Anugerah Abdidaya Ormawa 2023, Ini Pengabdiannya!

Deli Serdang, MISTAR.ID

Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial (HMJ KS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) berhasil melakukan penguatan Kampung Iklim di Desa Sei Tuan, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Program pengabdian selama 5 bulan ini bertajuk, ‘Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Dengan Pendekatan Community Based Development Untuk Kampung Iklim Terpadu di Desa Sei Tuan’.

Hal ini, dicapai dengan melaksanakan berbagai aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yaitu pembentukan kelompok pengelola program kampung iklim terpadu. Selain itu, penerepan energi terbarukan pembangkit listrik tenaga surya untuk dusun yang belum memiliki instalasi listrik PLN.

Baca Juga: Perangi Stunting di Sumut, Pj Gubernur Tekankan Pentingnya Dua Intervensi Kuat

Kemudian, penerapan sostem akuakultur organik dengan sumber pakan alami, penerapan lahan pertanian organik berbasis aquaponik hortikultura, revitalisasi kawasan konservasi mangrove, dan penerapan zero waste system melalui pembentukan bank sampah desa.

Sebelumnya, tim pelaksana HMJ KS FISIP UMSU berhasil mendapatkan hibah pendanaan Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) untuk tahun pendanaan 2023 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

PPK Ormawa merupakan salah satu ajang kompetisi mahasiswa bergengsi tingkat nasional yang diadakan setiap tahun oleh Kemendikbudristek dengan konsep pemberdayaan masyarakat melalui organisasi kemahasiswaan.

Related Articles

Latest Articles