16 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Helm Model Full Face atau Open Face, Mana yang Lebih Aman?

Jakarta, Mistar.id

Penggunaan helm yang tepat dan sesuai sangat penting ketika berbicara tentang keselamatan berkendara sepeda motor.

Meskipun jarak tempuh tidak terlalu jauh, pengendara motor harus disiplin dan selalu menggunakan helm sebelum mulai berkendara.

Alasannya sudah sangat jelas: helm dapat mengurangi kematian dan cedera serius dalam kecelakaan.

Namun, dua jenis helm umum yang tersedia di pasaran adalah full face dengan model tertutup dan open face dengan model terbuka. Jika harus membandingkan keduanya, model mana yang memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi?

Baca juga : Tidak Pakai Helm Jadi Pelanggaran Terbanyak Ops Patuh Toba 2023

Untuk diketahui, open face adalah jenis helm yang paling banyak digunakan oleh pengendara karena harganya lebih murah daripada full face.

Menurut Agus Sani, Head of Safety Riding AHM Wahana, helm full face secara matematis jelas lebih baik daripada helm open face karena titik perlindungan yang lebih luas yang mencakup leher dan dagu.

“Kalau harus dibandingkan, jelas helm full face itu lebih bagus dan lebih kuat juga. Tapi itu bukan berarti helm open face jelek ya,” katanya kepada Kompas.com, Rabu (6/12/2023).

Agus mengatakan bahwa jenis helm bukanlah hal utama yang harus dipertimbangkan pengendara. Yang lebih penting adalah fitting, atau kecocokan, dan kesesuaian ukuran kepala.

Terbaik adalah helm dengan fitting yang pas untuk melindungi seluruh kepala Anda.

Related Articles

Latest Articles