17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Hari Kebebasan Pers, AJI Sebut Intimidasi Terhadap Jurnalis Peliput Isu Lingkungan Masif Terjadi

Paparan data tersebut disampaikan AJI dalam memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia yang jatuh pada 3 Mei 2024 melalui Kongres XII AJI yang berlangsung pada 3-5 Mei 2024 di Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam Kongres tersebut, sejumlah jaringan organisasi jurnalis di Asia Tenggara bertemu, di antaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, dan Timor Leste untuk membahas terkait krisis iklim, demokrasi, serta kebebasan pers.

Ketua Panitia Kongres XII AJI, Mahdi Muhammad mengatakan Kongres tersebut bertujuan untuk mempererat solidaritas antara jaringan organisasi jurnalis di Asia Tenggara di tengah kesamaan ancaman internal dan eksternal yang dihadapi.

Baca juga : Dewan Pers Ungkap Tindak Kekerasan Terhadap Jurnalis Setahun Terakhir Meningkat

“Konferensi kebebasan pers AJI di Palembang menyoroti ancaman serius terhadap jurnalis peliput isu lingkungan yang berpotensi meningkat. Serangan terhadap pers semakin masif dalam bentuk regulasi yang represif, kekerasan dan penyensoran,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Mistar, Minggu (5/5/24).

Di samping itu, adapun tema yang diambil dalam Kongres kali ini, yaitu “Menjaga Kebebasan Pers untuk Keadilan Iklim dan Demokrasi”. Kata Mahdi, tema tersebut dipilih karena perubahan iklim menjadi isu yang menarik perhatian publik.

Related Articles

Latest Articles