26.6 C
New York
Sunday, July 7, 2024

Harga Beras Masih Terpantau Naik di Medan, Tidak Bergejolak Seperti di Agustus

Baca juga: 926 Ribu KPM di Sumut Terima Bantuan Beras Pemerintah, Cek Rinciannya

Sedikit berbeda dengan petani bawang merah. Petani cabai merah di Sumut tidak mampu mendapatkan harga yang optimal seiring dengan meningkatnya pasokan cabai kotak dari luar Sumatera. Harga cabai merah lokal yang saat ini dijual dikisaran Rp40 ribuan per kg. Pada dasarnya memiliki peluang untuk naik diatas Rp50 ribu per kg nya karena memang harga terbilang mahal belakangan ini yang dipicu oleh penurunan produksi cabai di wilayah Sumut.

“Dari hasil pamantauan di lapangan khususnya di Pasar Induk Tuntungan. Harga cabai kotak dijual dikisaran Rp26 ribuan per kg yang menekan harga cabai di tingkat petani Sumut hingga di bawah Rp30 ribu per kg nya pada akhir pekan kemarin. Ada sekitar 15 hingga 20 ton cabai kotak yang masuk dalam sehari di Pasar Induk, dengan pasokan sebesar itu, cabai kotak efektif menekan harga cabai lokal,” jelasnya.

Terpisah, salah satu warga Kota Medan bernama Wiwik mengaku membeli beras secara eceran lantaran harga beras yang mahal. Di kedai eceran, Ia membeli beras yang dijual dengan harga Rp14.000 per kg hingga Rp15.000 per kg.

Baca juga: Dua Tersangka Penyaluran Bansos Beras Kemensos Kembali Ditahan KPK

“Mahal kali beras kemarin saya beli yang ukuran 5 kg aja udah Rp75 ribu. Jadi beli eceran ajalah. Semoga beras bantuan pemerintah cepat didistribusikanlah. Sangat membantu sekali dengan bantuan beras itu apalagi bantuan itu 3 bulan berturut-turut,” pungkasnya. (Anita/hm21).

Related Articles

Latest Articles