26.5 C
New York
Saturday, September 14, 2024

Faktor Cuaca Buat Harga Wortel Terkerek Naik di Medan

Namun, dinas ini menuturkan untuk harga cabai merah memang tercatat turun lantaran masih berlebih stok cabai dari hari kemarin yang harganya sempat naik sehingga permintaan menurun.

“Tercatat cabai merah turun 2,2% dan bawang merah juga turun 0,4%. Harga tertinggi untuk cabai merah sendiri ada di Nias Selatan menyentuh Rp50.000 per kg sedangkan untuk bawang merah di Nias Barat Rp45.000 per kg,” kata Analis Perdagangan Ahli Muda Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Iskandar Zulkarnaen.

Terpisah, Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan memang saat ini, harga sayur-sayuran seperti tomat dan wortel bertahan mahal, termasuk juga harga beras dan cabai.

“Namun saya menilai kalau pun ada fluktuasi pada harga pangan nantinya akan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor cuaca. Sementara dari sisi kenaikan biaya input produksi dan dampak perubahan harga pangan global tidak akan banyak berpengaruh. Hanya saja kenaikan harga minyak mentah saat ini akan membuat tantangan pengendalian harga pangan kian rumit,” pungkasnya. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles