16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Edy Rahmayadi Ajak LPM Kawal Kades Jalankan Pembangunan di Desa

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengajak Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk mengawal Kepala Desa (Kades) dalam menjalankan pembangunan di desa.

Edy mengatakan, LPM merupakan mitra Pemerintahan Desa (Pemdes) dalam mensejahterakan masyarakat.

Selain itu, Edy juga mengajak agar bisa bersinergi dalam program ‘Membangun Desa Menata Kota’. Apalagi, kehadiran LPM sangat berpengaruh besar pada kesejahteraan hingga permasalahan masyarakat desa.

Baca juga: LPM Diharapkan Jadi Mitra Pembangunan Pemerintah di Asahan

“Hingga saat ini banyak orang melakukan urbanisasi. Jumlah penduduk di kota lebih banyak ketimbang desa. Semakin habis rakyat di desa, semakin republik ini tak tau arahnya kemana. Ini lah tagline yang dibikin, membangun desa menata kota,” kata Edy dalam pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LPM Sumut periode 2023-2028, di Aula Raja Inal Siregar, Kkntor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Kota Medan, pada Kamis (6/7/23).

Mantan Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini mengatakan, fungsi LPM berpengaruh besar pada kesejahteraan hingga permasalahan masyarakat desa.

“Ada atap warga mau jatuh saja, ini LPM datangi rumah itu. Ini lah fungsi LPM membantu masyarakat desa,” ucapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LPM Republik Indonesia, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengharapkan, para pengurus yang baru dilantik untuk bekerja konkret memajukan masyarakat desa.

Baca juga: Medan Tuntungan Kolaborasi dengan LPM Sukseskan Program Wali Kota

Pengurus yang dilantik di antaranya, Ketua LPM Sumut, Rolel Harahap, Sekretaris, Indra Mada Ritonga dan Bendahara, Sam R Siahaan.

Ketua Komisi II DPR RI itu meminta pengurus untuk bersinergi dengan Pemprov Sumut, khususnya Gubernur dalam menyukseskan program yang ada di desa. Ahmad Doli juga mengapresiasi dukungan penuh Edy untuk LPM Sumut.

“Pak Gubernur, saya titip LPM ini untuk bisa dibimbing dan dibina agar bekerja sungguh-sungguh, hanya mengabdi pada rakyat. Kalau sinergi ini bisa berjalan baik, seluruh agenda LPM termasuk agenda Gubernur, Insya Allah segera terwujud,” ujarnya. (anita/ril/hm16

Related Articles

Latest Articles