21.3 C
New York
Monday, June 3, 2024

Dinkes Sumut Aktifkan Lagi Saka Bakti Husada

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali mengaktifkan Saka Bakti Husada (SBH) tingkat Provinsi Sumut.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit M.Kes mengatakan, diaktifkannya kembali SBH sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran para pemuda yang tergabung dalam wadah Pramuka untuk terus mengkampanyekan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Termasuk menghindari narkoba dan berupaya memeranginya di kalangan remaja dan pemuda. Hal ini juga sebagai wujud komitmen kita semua untuk berupaya melawan narkoba di Provinsi Sumut. Diharapkan seluruhnya peduli dan bergerak melawan narkoba sesuai dengan profesi, lingkup tugas dan kewenangan masing-masing dan membuat Sumut bebas narkoba,” terang Alwi dalam kegiatan Perkemahan Bakti Daerah (Pertida) SBH di Taman Pramuka Deli Serdang Lubuk Pakam, Rabu-Sabtu (20-23/9/23).

Baca juga: Dinkes Sumut: Kemenkes Tidak Ada Keluarkan Info Covid-19 Fase 2

Dijelaskan Alwi, untuk tingkat Provinsi Sumut Pertida SBH dilaksanakan terakhir kali pada tahun 1985.

“Tahun ini diselenggarakan kembali dengan semangat menggelorakan Kesakaan Bakti Husada dan diharapkan dapat dilanjutkan secara regular,” tambahnya.

Ditambahkan Alwi pula, Kontingen Provinsi Sumut juga berhasil meraih sejumlah piala di kegiatan Perkemahan Bakti Nasional SBH di kegiatan Perkemahan Putri 2, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur pada Jumat (22/9/23).

Sebut saja juara pertama untuk pembuatan poster pencegahan stunting pada remaja kategori putra. Juga juara pertama pada perlombaan partisipatori penyehatan pangan pada kategori putra dan putri.

Baca juga: Dinkes Sumut: ILP Percepat Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi

“Meraih juara pertama perlombaan kreasi isi piringku dengan protein hewani pada kategori putra. Juara pertama PHBS tapak kemah pada kategori putra. Terakhir, juara ketiga stand up commedy kesehatan,” bebernya. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles