22.9 C
New York
Thursday, June 13, 2024

Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Sebut Ketersedian dan Kesehatan Hewan Ternak Aman

Medan, MISTAR.ID

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyebutkan ketersedian dan kesehatan pada hewan ternak di Sumut dinyatakan aman.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumut, M Zakir Syarif Daulay mengatakan kondisi ternak di Sumut aman dan ketersediaannya cukup bahkan lebih.

“Alhamdulillah, kondisi hewan ternak kita aman dan mudah-mudahan tidak ada gejolak harga. Kalaupun ada palingan tidak signifikan dan ini biasa terjadi setahun sekali. Selain itu, kita juga tidak ada temukan wabah penyakit (PMK) pada hewan ternak kita di Sumut,” terang Zakir pada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (11/6/24).

Baca juga : Kembangkan Populasi Bibit Ternak, ISPI Adakan Bimtek dan Seminar Nasional

Didampingi Kabid Peternakan, Azhadi Halomoan, dan Ka UPT Kesmavet, Drh Harry Setiawan, dia menjelaskan sudah melakukan monitor ke beberapa daerah salah satunya di Langkat guna mengecek ketersediaan dan kesehatan hewan ternak.

“Selain ke peternak pokpan kita juga mendatangi kemitraan dengan masyarakat. Di sana kita jumpai ketersedian cukup tapi pengakuan dari peternak permintaan saat ini kurang,” sebutnya.

Dijabarkan Zakir, untuk populasi sapi di Sumut tercatat ada 6.529 ekor sedangkan kebutuhan hanya 2.218 ekor. Populasi kerbau tersedia 1.534 ekor dengan kebutuhan 50 ekor. Lalu untuk populasi kambing tersedia 3647 ekor dengan kebutuhan 762 ekor dan populasi domba sebanyak 4.601 ekor dengan kebutuhan hanya 544 ekor.

Related Articles

Latest Articles