19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Derita Penjual Buku di Medan, Pedagang: Untuk Makan Saja Sulit

Baca juga: Tangga Lapangan Merdeka Medan Dirubuhkan, Pedagang Buku Protes

Senada, pedagang buku lainnya, Ucok (34), menyebut ia dan ratusan pedagang tetap bersyukur walau kebanyakan sepi pengunjung ketimbang pembeli buku. Tak sampai sore hari, terkadang kiosnya sudah ia tutup.

“Ada sekitar 180 kios di sini. Kalau dulu bisa makan berlebih, sekarang ya dicukup-cukupkan lah. Harga beras sekarang kadang tak tentu, belum lagi kebutuhan yang lain. Kalau boleh pejabat-pejabat itu berkunjunglah sesekali ke sini, agar bisa melihat situasi kesepian di sini,” ungkapnya.

Pada sebelumnya, Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumut Nawal Lubis, berharap minat literasi masyarakat kian meningkat. Hal itu dikatakannya pada acara penutupan Gebyar Literasi di pelataran Kantor Dinas Perpustakaan Umum, Jalan Brigjen Katamso, pada Agustus 2023 lalu.

Menurutnya, membaca dan belajar sepanjang hayat akan membantu pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas. Karena itu, semua kalangan harus mendukung adanya kehadiran gerakan literasi, terkhusus generasi muda di era saat ini. (jonatan/hm21).

Related Articles

Latest Articles