8.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Dunia Anjlok

Iran, MISTAR.ID

Serangan Israel terhadap Iran menyebabkan harga minyak dunia anjlok sekitar 4 persen atau US$3 per barel pada Senin (28/10/24).

Meski begitu, pasokan minyak tetap beroperasi. Sebab, serangan Israel pada akhir pekan lalu tidak menyasar fasilitas minyak maupun nuklir Iran. Kondisi minyak atau pasokan energi yang aman turut meredakan ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Minyak mentah berjangka Brent turun 4,2 persen atau US$3,17 menjadi US$72,88 per barel. Sementara itu, minyak mentah berjangka WTI AS merosot 4,4 persen atau US$3,1 menjadi US$68,65 per barel.

Pada pekan lalu, harga kedua acuan itu sempat melesat naik sekitar 4 persen. Harga minyak mendidih lantaran pasar was-was dengan cara Israel merespons serangan rudal Iran pada 1 Oktober lalu.

Baca juga:Data Stok AS Lampaui Perkiraan Analis Penyebab Harga Minyak Dunia Susut

Dalam serangan ini, Israel mengerahkan puluhan jet dengan  menarget pabrik rudal dan lokasi lain di dekat Teheran dan di Iran barat.

Analis energi di MST Marquee Saul Kavonic menyebut bahwa sejauh ini sifat serangan Israel yang lebih terbatas, termasuk menghindari infrastruktur minyak, telah meningkatkan harapan akan adanya jalan untuk meredakan permusuhan di Timur Tengah. Apalagi jika Iran tidak akan melakukan serangan balik.

“Namun terlepas dari pasang surutnya berita konflik Timur Tengah, tren keseluruhan tetap berupa eskalasi, dan ruang lingkup untuk serangan putaran lain yang akan berkembang bakal menyebabkan harga minyak melonjak,” katanya.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles