33.6 C
New York
Monday, June 24, 2024

Covid-19 Meningkat, Kapolda Sumut Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes

Medan, MISTAR.ID
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Simanjuntak meminta kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan meningkatkan kasus Covid-19 di Sumatera Utara. Hal itu dikatakannya saat rapat lintas sektoral bersama Forkompimda yang membahas penanganan pandemi Covid-19 yang penyebarannya mulai meningkat, di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Senin (14/2/22).

“Tetapi ikuti aturan-aturan yang telah diterapkan pemerintah dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19 di Sumatera Utara,” sebut dia.

Menurut dia, kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan dapat menekan kembali penyebaran Covid-19. “Kepatuhan masyarakat dalam menjalankan aturan prokes yang telah dibuat pemerintah diharapkan dapat menekan laju penyebaran Covid-19 serta Varian Omicron,” akunya.

Baca juga:Covid Belum Pergi! Polres Pelabuhan Belawan Bagikan Masker

Polda Sumut dan jajaran akan meningkatkan Operasi Yustisi mengingat masyarakat mulai abai dalam menjalankan aturan protokol kesehatan. Panca menegaskan, Polda Sumut bersama TNI, Pemprov Sumut serta Kejati Sumut akan memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar aturan protokol kesehatan.

“Tahun lalu ketika kita menghadapi pandemi Covid-19 gelombang ke II ditambah penyebaran Varian Delta, masyarakat akan diberikan sanksi mulai disiplin, administrasi, hingga pidana sidang lapangan jika melanggar aturan prokes. Tentunya sanksi ini tetap berjalan sampai saat ini,” pungkasnya.

Kapolda Sumut, mengatakan Bupati/Wali Kota sudah menjabarkan mengenai instruksi Mendagri Nomor 7 Tahun 2022 dalam penanganan pandemi Covid-19 yang mulai kembali naik. “Tadi Gubernur Sumut menyampaikan bahwa dalam penanganan pandemi Covid-19 tetap seperti yang sebelumnya dengan melaksanakan Operasi Yustisi untuk memastikan ketaatan masyarakat dalam protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun,” katanya.

Baca juga:Satu Pasien Covid-19 Meninggal Dunia di RSU Haji Medan

Dalam kegiatan rapat lintas sektoral itu dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin (saut/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles