17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Bulog Cabang Kisaran Sebut Stok Beras Tiga Bulan Kedepan Aman

Asahan, MISTAR.ID

Untuk menyikapi hal terburuk virus korona, Kepala perum bulog cabang Kisaran mengaku bahwa stok beras untuk tiga bulan kedepan aman.

Hal ini yang dikatakan Eka kepada awak media di kantornya jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan, Selasa (24/3/2020)

Merujuk Peraturan Menteri Sosialisasi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2019, tentang prosedur dan mekanisme penyaluran cadangan beras pemerintah untuk penanggulangan keadaan darurat bencana dan kerawanan pangan pasca bencana.

Menyikapi kondisi antisipasi virus corona, bilang dia, bahwa persediaan Beras di gudang Bulog Asahan masih dibilang aman sampai 3 bulan kedepan.

“Untuk cadangan beras setiap kabupaten disiapkan sebanyak 100 Ton per tahun, kalaupun ada kekurangan kita akan mengajukan ke bulog provinsi Sumatera Utara dan dilampirkan surat permintaan dari Bupati Asahan”, kata Eka.

Eka menambahkan seperti Permensos RI no 22 tahun 2019 pasal11 yang berisikan, jumlah bantuan beras yang disalurkan berdasarkan jumlah data korban sesuai dengan nama dan alamat dengan index 400 (empat ratus) gram per orang per hari dikalikan dengan jumlah hari masa Penanggulangan Keadaan Darurat Bencana.

“Sedangkan Stock Beras di gudang Bulog Asahan per Maret 2020 sebesar 1,430,383 kg, terdiri dari Beras CBP 993.193 kg dan Beras Komersial 437.190 kg dan sampai 3 bulan kedepan beras untuk Kabupaten Asahan masih aman, semoga Kabupaten Asahan terhindar dari hal buruk yang tidak kita inginkan,” ujar Eka kepada awak media.

Penulis: Azhar Nasution
Editor: Manson

Related Articles

Latest Articles