21.9 C
New York
Sunday, July 28, 2024

ASEAN Kecam Serangan Israel di Gaza

Ankara, MISTAR.ID

Para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) melalui komunike bersama mengecam serangan-serangan Israel yang terus dilakukan di Jalur Gaza. Semua pihak mengutuk serangan tersebut pada pertemuan puncak di Vientiane, Laos, Sabtu.

Dilansir, Para menteri luar negeri ASEAN juga meminta semua pihak untuk mengupayakan penyelesaian secara damai sesuai dengan hukum internasional dan resolusi PBB yang relevan.

Mereka semua sangat prihatin atas situasi kemanuasiaan di daerah kantong yang diblokade tersebut.

“Jumlah korban sangat mengkhawatirkan, khususnya anak-anak dan wanita. Ditambah terbatasnya air bersih, makanan, dan kebutuhan dasar lainnya yang menyebabkan krisis kemanusiaan di Gaza semakin memburuk. Maka, kami sangat mengutuk serangan Israel terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil di Jalur gaza,” kata komunike bersama tersebut.

Baca juga: Serangan Udara Israel ke Sekolah Khadija di Gaza Tewaskan 30 Orang

Tidak hanya itu saja, mereka mendesak semua pihak terkait melakukan gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza.

Deklarasi final tersebut juga memuji upaya berbagai anggota ASEAN dalam memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza dan menegaskan kembali dukungan terhadap badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA).

“Kami menyerukan akses kemanusiaan yang cepat, aman, tanpa hambatan dan berkelanjutan bagi semua yang membutuhkan, termasuk melalui peningkatan kapasitas di perbatasan, termasuk melalui laut,” katanya. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles