25.7 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Anggota DPRD Medan Usulkan Penyaluran Bansos Pakai Deposito

Medan, MISTAR.ID

Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan, Wong Chun Sen Tarigan meminta peran aktif seluruh kepala lingkungan dan kelurahan melakukan pendataan keluarga kurang mampu untuk dietapkan sebagai penerima bantuan sosial yang disalurkan pemerintah.

“Mereka yang didata haruslah orang yang kondisi perekonomian benar-benar memerlukan bantuan,” tegas Wong dalam acara Sosper No 5 tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan yang berlangsung di Jalan Pelita IV, Kelurahan Sidorame Barat 2, Kecamatan Medan Perjuangan, Medan, Sabtu (26/6/21).

Pada kesempatan itu Wong juga mengusulkan penuyluran bantuan sosial bagi keluarga penerima (keluara kurang mampu) sebaiknya memakai sistem deposito.

Baca Juga: Pendiri Capital Group,Tawarkan Bantuan 2 Ton Emas untuk Tanggulangi Covid-19 di Yogyakarta

“Deposito itu diberikan, dan yang boleh diambil bunganya saja. Sebab kita melihat kalau bantuan berupa uang langsung habis dan tidak ada membawa perubahan angka kemiskinan yang justru semakin bertambah,” ucapnya lagi.

Upaya ini sambungnya, untuk mengurangi antrian panjang saat menerima bantuan, terlebih pada masa pandemi Covid19. Penerima bantuan deposito diberikan buku tabungan dan kartu ATM, sehingga kapan dibutuhkan bisa diambil uangnya.

Jadi saya tambahkan lagi, peran kepala lingkungan, kelurahan dan kecamatan tidak hanya mendata, tapi bagaimana memunculkan ide kreatif membangun perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Pecah Rekor Harian, DKI Jakarta Catat 9.271 Positif Covid-19

Seperti melaksanakan kerajinan tangan serta usaha sektor umkm lainnya, sehingga ada penghasilan yang diterima ini jauh lebih bermanfaat dan membuka lapangan pekerjaan.

Lanjut Wong, kebijakan tidak hanya ditanggung oleh pihak kecamatan akan tetapi instansi atau dinas terkait dalam pelaksanaannya. Ini sejalan dengan program sinergitas antar instansi khusus di jajaran Pemko Medan.

Disektor pelayanan kesehatan, juga telah diusulkan kepada Walikota Medan, M Bobby Afif Nasution untuk memberikan layanan gratis bagi penduduk berktp medan.

Baca Juga: Kasus Kematian AKibat Covid-19 di Indonesia Meningkat

“Jadi warga yang berobat tidak perlu khawatir dikenakan biaya karena sudah ditanggung pemerintah kota,” ucap Wong termasuk mengratiskan kepada anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk  mendapatkan pendidikan.

Didampingi Sekretaris Kelurahan Sidorame Barat2, Markus dan Kasi Trantib Kecamatan Medan Perjuangan,Saut, Wong juga mengimbau warga menaati protokol kesehatan.

Bila keluar rumah harus pakai masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan sebagai upaya mengantisipasi penularan Covid19.(amsal/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles