13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

11.600 Personil Siap Amankan Idul Fitri di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 11.600 personil gabungan diturunkan dalam mengamankan perayaan Idul Fitri 1442 H khususnya dalam melaksanakan penyekatan larangan mudik di Provinsi Sumatera Utara.

“Untik personil yang dilibatkan, 7700 Polri, ditambah 1200 personil TNI dan pemerintah daerah 2700 personil, yang tergabung dalam pos pengamanan dalam mengamankan perayaan Idul Fitri 1442 H,” sebut Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak usai gelar apel pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 di Lapangan Udara Soewondo, Medan, Rabu (5/5/21).

Dalam pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 1442 H, sebut dia, personil tersebut akan ditempatkan di lokasi yang menjadi perhatian khususnya di perbatasan Provinsi Sumatera Utara dan kabupaten/kota.

Baca Juga: 200 Persgab Siaga Amankan Larangan Mudik ke Siantar

“Untuk mengamankan perayaan Idul Fitri, hari ini kita melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Pekat Toba tahun 2021. Untuk pelaksanaan ini, kita menyebar atau menempatkan Personil di tempat yang menjadi perhatian kita. Pertama di pos penyekatan, Ada 9 pos penyekatan antar provinsi, an ada 73 pos penyekatan Antar kabupaten kota yang ada di Sumut,” sebut dia didampingi Gubernur Edy Rahmayadi dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin.

Lanjut Panca, personil gabungan itu secara bersama-sama melakukan pengamanan untuk memastikan masyarakat tidak melaksanakan mudik lebaran. Hal ini dilakukan agar dapat menekan penyebaran virus Covid-19 yang masih tinggi di Provinsi Sumatera Utara.

“Semuanya kita jaga bersama-sama secara terpadu dengan pemerintah daerah dan TNI untuk memastikan kalau masyarakat tidak ada melaksanakan mudik, sebagaimana imbauan dan anjuran pemerintah untuk kesehatan bersama,” tegas Kapolda.

Baca Juga: Bupati Batu BaraTerbitkan Perbup, Pelanggar Larangan Mudik Akan Kena Sanksi

Untuk di lokasi lain, sambung Panca, personil gabungan juga ditempatkan di lokasi keramaian seperti mall dan pasar. “Untik memastikan ketaatan masyarakat dalam menjalankan imbauan pemerintah (jaga 3 M) khususnya tidak menjalankan mudik dan perjalanan yang tidak penting,” terang mantan Kapolda Sulawesi Utara itu.

Dirinya pun berharap agar masyarakat merayakan Idul Fitri 1442 H secara sederhana. “Kita harapkan pelaksanaan Idul Fitri dijalankan secara sederhana,” sebutnya.(saut/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles