4.1 C
New York
Monday, February 19, 2024

Kunjungan ke Danau Toba Naik, Penyeberangan Kapal Dibuka Hingga Subuh

Simalungun, MISTAR.ID

Kunjungan wisatawan ke Danau Toba pada hari libur nasional dalam rangka Tahun Baru Imlek tahun 2024 alami peningkatan. Hal ini pun terbukti dengan membludaknya penyeberangan kapal di Danau Toba.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tigaras, Darwin Purba mengatakan, pada libur panjang akhir pekan ini, pihaknya juga menyiagakan petugas dan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk membantu para pengunjung, terutama lalu lintas (lalin) di sekitar pelabuhan.

“Kami menyiapkan personel untuk melayani pengunjung saat libur panjang akhir pekan. Pada libur nasional ini kunjungan wisatawan meningkat bila dibandingkan hari biasa maupun akhir pekan,” ujar Darwin dikonfirmasi, pada Jumat (9/2/24).

Baca juga:Meski Bakal Diberlakukan secara Online, Tiket Offline Masih Tetap Dilayani untuk Penyeberangan Kapal Ferry di Samosir

Lanjutnya lagi, antrian kendaraan di Pelabuhan Tigaras terjadi sejak pagi hingga sore. Disebutkan Darwin juga, rata-rata wisatawan berkunjung ke Kabupaten Samosir dengan lebih dahulu menyeberang dari Tigaras maupun Ajibata.

“Saat ini pun masih ramai kendaraan yang akan menyeberang ke Samosir. Untuk kondisi cuaca masih aman dan kapal tidak alami gangguan berlayar,” ujarnya lagi.

Kepadatan kendaraan yang ingin menyeberang ke Samosir juga terjadi Pelabuhan Ajibata. Antrian kendaraan pun terjadi sejak Kamis (8/2/24) kemarin.

Baca juga:Cuaca Hujan dan Angin Kencang, Penyeberangan Kapal dari Ajibata ke Samosir Normal

Kepala Kasatpel Toba Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rijaya Simarmata menyampaikan, terjadi kepadatan kunjungan wisatawan yang menyeberang ke Samosir. Disebutkan, kepadatan itu pun terjadi lantaran libur panjang.

“Sejak hari Kamis kemarin sudah ramai, bahkan hingga saat ini. Kita ada 12 trip penyeberangan kapal dari Ajibata ke Simanindo,” ujarnya dihubungi, pada Jumat (9/2/24).

Dilaporkan Rijaya kembali, penyeberangan kapal ke Tomok juga mengalami peningkatan. Pihak pelabuhan kerja ekstra hingga subuh hari masih melayani penyeberangan dampak dari melonjaknya kunjungan ke Danau Toba.

Baca juga:Antisipasi Lonjakan Penumpang, Kapal Penyeberangan di Danau Toba Ditambah Satu Unit

“Dari Ajibata ke Tomok sampai subuh melayani penyeberangan. Kunjungan kali ini meningkat drastis, sampai nanti pukul 02.00 WIB. Kapal Tao Toba sudah ada penumpangnya yang memesan tiket,” kata Rijaya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun, Fikri Damanik mengatakan, di momen liburan ini kunjungan wisatawan ke Danau Toba dilaporkan meningkat.

“Namun untuk hunian hotel, hari Minggu akan kita minta rekapnya,” sebut Fikri. (hamzah/hm16)

Related Articles

Latest Articles