16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Terapkan Gencatan Senjata di Gaza, Hamas Siap dengan 2 Syarat ini

Sebagai contoh, ICJ pernah memerintahkan Rusia untuk menghentikan invasinya ke Ukraina satu bulan setelah invasi tersebut dimulai, namun tidak berhasil.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu telah mengisyaratkan ia tidak akan merasa terikat oleh perintah ICJ.

“Tidak ada yang akan menghentikan kami, tidak Den Haag, tidak Poros Kejahatan dan tidak ada yang lain,” katanya pada 14 Januari mengacu pada kelompok-kelompok “poros perlawanan” yang bersekutu dengan Iran di Libanon, Suriah, Irak dan Yaman.

Baca juga : 21 Tentaranya Terbunuh, Israel Sampaikan Kekalahan Terburuk di Gaza

Jika keputusan gencatan senjata diperintahkan, Hamas berkomitmen juga akan membebaskan para tawanan Israel yang mereka tahan di Gaza sebagai ganti tahanan Palestina di penjara-penjara Israel.

Mereka juga menyerukan diakhirinya blokade Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, dan untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan dan bahan-bahan rekonstruksi masuk ke wilayah tersebut.

Diketahuui, perang Israel-Hamas pecah setelah kelompok Palestina itu melancarkan serangan 7 Oktober 2023. Israel menyebut serangan Hamas mengakibatkan sekitar 1.140 orang tewas, sebagian besar warga sipil.

Baca juga : PM Israel Usulkan Gencatan Senjata di Gaza, Berikut Syaratnya

Sekitar 250 warga Israel dan warga asing juga diseret ke Gaza selama serangan tersebut, di mana sekitar 132 di antaranya masih disandera.

Serangan Israel telah menewaskan 25.900 orang, sekitar 70 persen di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas. (kompas/hm18)

Related Articles

Latest Articles