-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Sadis! Lebih 25 Petani Kongo Dibunuh Pada Malam Tahun Baru

Kinshasa, MISTAR.ID

Wilayah Afrika kembali bergolak. Sedikitnya 25 orang tewas dibunuh pemberontak pada Malam Tahun Baru di wilayah Beni timur Kongo, kata pejabat setempat, Jumat (1/1/21). Para petani pergi ke ladang di desa Tingwe ketika mereka diserang oleh pemberontak Pasukan Demokratik Sekutu (ADF), menurut perwakilan gubernur di wilayah itu, Sabiti Njiamoja, melansir media. Beberapa mayat ditemukan oleh tim penyelamat di semak-semak.

“Kami sedang berduka,” kata Njiamoja. Perwakilan masyarakat sipil setempat Bravo Muhindo mengonfirmasi lebih dari 25 orang tewas. Menurut keterangannya banyak yang telah dipenggal. “Beberapa orang lain masih diculik,” kata Muhindo.

Penduduk di Beni dan desa-desa sekitarnya telah menyerukan peningkatan keamanan, saat pemberontak ADF melancarkan serangan di wilayah tersebut. ADF berasal dari negara tetangga Uganda.

Baca juga: Jumlah Terinfeksi Wabah Ebola di Kongo Bertambah Jadi 12 Orang

Kelompok itu telah lama menjadi ancaman di Kongo timur. Kelompok ISIL (ISIS) telah mengklaim beberapa serangan yang dilakukan oleh pemberontak ADF. Tetapi hubungan antara keduanya masih tidak jelas.
Tahun lalu, kampanye militer Kongo dilancarkan terhadap para pemberontak.

Para pejuangnya sejak itu bubar dan melarikan diri ke berbagai bagian Kongo timur, tempat puluhan kelompok bersenjata bertempur memperebutkan kendali atas tanah kaya mineral itu. Pemberontak menanggapi serangan militer dengan peningkatan serangan, sehingga menewaskan lebih dari 800 orang tahun lalu. (kompas/hm09)

Related Articles

Latest Articles