24.3 C
New York
Saturday, August 3, 2024

Saat Meliput Tewasnya Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, 2 Jurnalis Al Jazeera Meninggal Dunia

Juru bicara Pertahanan Sipil Gaza, Mahmoud Bassal mengatakan tidak ada korban jiwa pada serangan itu. Namun, para jurnalis termasuk Al-Ghoul dan Al-Rifi diperintahkan segera meninggalkan lokasi secepat mungkin.

Diketahui, mereka sempat menghubungi redaksi 15 menit sebelum serangan kedua terjadi melalui telepon.Dalam panggilan itu, mereka melaporkan adanya serangan di wilayah tempat mereka berada dan diminta untuk segera pergi dari sana.

Mereka berdua pun pergi menggunakan mobil untuk menuju Rumah Sakit Al-Ahli Arab. Namun ditengah perjalanan, mereka terbunuh. Serangan kedua ini menghantam daerah Aida sekitar pukul 5 sore waktu setempat.

Baca juga : Ismail Haniyeh Dikenal Sebagai Sosok Keras Dalam Diplomasi Internasional

Al-Ghoul dan Al-Rifi diketahui mengenakan rompi dan tanda pengenal pers saat terbunuh di mobil mereka.Secara terpisah, Jurnalis Al Jazeera lain, Hainda Khoudary mengatakan rompi dan tanda pers merupakan bentuk perlindungan diri mereka saat bertugas.

“Kami melakukan apa pun (untuk menjaga diri). Kami mengenakan rompi pers, helm, kami tidak mencoba pergi ke tempat yang tidak aman. Kami mencoba pergi ke tempat-tempat di mana kami bisa menjaga keamanan,” sebutnya. (kompas/hm18)

Related Articles

Latest Articles