14.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Putin Bertemu Mantan Komandan Wagner, Bahas Perang Ukraina

Moskow, MISTAR.ID

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengadakan pertemuan dengan salah satu mantan komandan tertinggi dari kelompok tentara bayaran Wagner, Jumat (29/9/23). Keduanya dilaporkan membahas cara terbaik untuk menggunakan ‘unit sukarelawan’ dalam perang Ukraina.

Pertemuan tersebut diduga sebagai upaya Kremlin untuk memperlihatkan bahwa kelompok tentara bayaran tersebut berada di bawah kendali negara, menyusul pemberontakan yang gagal pada Juni lalu di bawah komando Yevgeny Prigozhin.

Diketahui, Prigozhin kemudian tewas bersama sejumlah komandan senior lainnya dalam kecelakaan pesawat pada bulan Agustus.

Putin terlihat tampil di televisi negara dalam pertemuan di Kremlin dengan Andrei Troshev, mantan komandan Wagner yang dikenal dengan nama sandi ‘Sedoi’ – atau ‘Rambut Abu-abu’.

Baca Juga: Bom Meledak Saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Pakistan, 52 Tewas

Kremlin mengatakan, pertemuan itu berlangsung pada Kamis (28/9/23) malam. Wakil Menteri Pertahanan Yunus-Bek Yevkurov, yang telah melakukan perjalanan ke beberapa negara tempat tentara bayaran Wagner bekerja dalam beberapa bulan terakhir, juga hadir, duduk paling dekat dengan Putin.

Dalam pidatonya kepada Troshev, Putin mengatakan bahwa mereka telah berbicara tentang unit sukarelawan yang dapat menjalankan berbagai tugas tempur, terutama di zona operasi militer khusus.

“Anda sendiri telah bertempur dalam unit seperti itu selama lebih dari setahun. Anda tahu apa itu, bagaimana melakukannya, tahu tentang masalah yang perlu diatasi sebelumnya agar pekerjaan tempur berjalan dengan baik dan sukses,” kata Putin.

Related Articles

Latest Articles