16.3 C
New York
Monday, September 23, 2024

Pemimpin Cechnya Ramzan Kadyrov Dilaporkan Koma

Elkhan Suleymanov (49) seorang profesor, dipecat dari jabatan resmi dan tidak terlihat selama lebih dari setahun.

Salah satu versi mengatakan, Elkhan telah ‘dikubur hidup-hidup’ atas perintah Kadyrov. Tetapi sumber-sumber Chechnya telah membantah bahwa dia sudah meninggal, dan menyebut bahwa Elkhan sekarang tinggal di Azerbaijan.

Meski begitu, tidak ada penampakan Suleymanov yang terkonfirmasi selama setahun terakhir.

Maret lalu, setelah gelombang spekulasi, Kadyrov bersikeras bahwa dia ‘sehat dan penuh energi’ dan secara teratur diperiksa dokter.

Baca Juga: Penasihat Khusus AS Meminta Hakim Memerintahkan Donald Trump Dilarang Berbicara

Pada bulan yang sama, Putin mengambil langkah yang tidak biasa dengan memanggil putra sulungnya, Akhmat, 17 tahun, untuk pertemuan empat mata di Kremlin.

Ramzan mewarisi kepemimpinan Cechnya setelah ayahnya Akhmad Kadyrov dibunuh pada 9 Mei 2004.

Pada awal Juli di tengah kisruh kesehatan lainnya, Kadyrov dalam sebuah postingan mengatakan bahwa dia telah merekam film untuk membuktikan bahwa dia tidak mati.

“Kami masih hidup dengan cara atau lainnya. Bagaimanapun, kami tidak ingin hidup lama. Kami akan menjalani hidup singkat tapi layak,” katanya.

Politikus oposisi Chechnya yang diasingkan, Tumso Abdurakhmanov, saat itu mengatakan, “Ginjalnya sudah gagal total, dan cuci darah tidak membantu”.

Namun, sejak saat itu, Kadyrov kembali terlihat dan nampak sedikit lebih sehat.

Kadyrov, yang merupakan ayah dari setidaknya 14 anak, adalah kolonel jenderal dalam pasukan keamanan nasional Putin. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles