11.1 C
New York
Wednesday, February 28, 2024

Operator PLTN Fukushima: Tahap Pertama Pembuangan Air Limbah Telah Selesai

Sejak pembuangan tahap pertama dimulai sampai sekarang, pihak berwenang mengatakan seluruh data pengambilan sampel dari air laut dan ikan menunjukkan kadar radiasi jauh di bawah batas bahaya.

Tepco dan pemerintah Jepang mengatakan sebelum dibuang ke perairan air limbah nuklir tersebut telah diolah guna mengurangi bahan radioaktif ke tingkat yang aman.

Kemudian, air limbah yang sudah diolah itu diencerkan lagi dengan air laut agar jauh lebih aman daripada standar internasional. Cara ini memungkinkan seluruh produk tangkapan laut dari Fukushima dan ekosistem di sekitarnya tidak tercemar.

Adapun air limbah radioaktif di PLTN Fukushima sudah menumpuk sejak fasilitas itu dihantam gempa dan tsunami pada 2011. Jumlahnya lantas terus bertambah sebab air pendingin yang digunakan pada reaktor rusak menimbulkan kebocoran ke ruang bawah tanah reaktor, dan bercampur dengan air tanah.

Baca juga : Air Limbah PTLN Fukushima Mulai Dibuang ke Laut, China Larang Impor Produk Ikan Jepang

Terlepas dari kritik pedas warga Jepang itu sendiri dan ‘hukuman’ yang diberikan China atas pembuangan air limbah ke laut, Tokyo dan Tepco mengaku ini adalah sesuatu yang tidak terhindari.

Pembuangan air limbah dari PLTN Fukushima Daiichi harus tetap dilakukan cepat atau lambat karena tangki-tangki yang selama ini menampungnya akan mencapai kapasitas maksimal 1,37 ton pada tahun depan.

Proses pembuangan air limbah ini diperlukan agar PLTN Fukushima Daiichi hingga akhirnya dapat dinonaktifkan. Badan Pengawas Nuklir PBB (International Atomic Energy Agency/IEAE) pada gilirannya ikut mencermati setiap proses pembuangan air limbah nuklir tersebut. (kumparan/hm18)

Related Articles

Latest Articles