10.5 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Memanasnya Timur Tengah, Rusia dan Iran Perkuat Kerja Sama Bilateral

Moskow, MISTAR.ID

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia menyatakan negara dan Iran memperkuat hubungan bilateral dalam suasana “saling percaya”, setelah Presiden Iran, Ebrahim Raisi menerima kunjungan Menlu Sergey Lavrov saat berkunjung ke Teheran.

“Dalam suasana saling percaya, aspek agenda bilateral terkini dibahas secara mendalam, dengan penekanan pada pengembangan lebih lanjut kemitraan multifaset yang kompleks antara Rusia dan Iran,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataan yang dirilis melalui Telegram dikutip dari Reuters, Rabu (25/10/23).

Lavrov, yang tiba di Iran tak lama setelah kunjungannya ke Tiongkok dan Korea Utara, membahas proyek energi dan logistik dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian.

Baca juga : Kunjungan Raisi, Iran akan Tingkatkan Kerja Sama dengan Negara Sekutu Rusia

Seperti biasa di Rusia, hanya ada sedikit rincian mengenai pertemuan tersebut, yang berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Lavrov juga berpartisipasi dalam pembicaraan regional yang diselenggarakan oleh Iran yang bertujuan untuk membawa perdamaian ke wilayah Kaukasus Selatan setelah pasukan Azerbaijan merebut kembali wilayah Nagorno-Karabakh yang memisahkan diri dan memaksa ribuan etnis Armenia melarikan diri bulan lalu.

Related Articles

Latest Articles