18.4 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Media Asing Soroti Kiprah ‘Politik Dua Kaki’ dan Dinasti Jokowi

“Presiden (Jokowi) memberi tahu kami beberapa kriteria penggantinya nanti,” kata Ketua Projo Budi Arie Setiadi, dalamsaat konferensi pers di kediaman Prabowo di Jakarta.

“Kami menyimpulkan bahwa yang dimaksud oleh Presiden adalah Prabowo Subianto,” tegasnya.

Deklarasi ini menjadi langkah terbaru dan paling publik dalam apa yang dijelaskan 10 sumber sebagai ‘politik 2 kaki’ atau ‘kesepakatan ganda’ yang dilakukan Jokowi selama beberapa bulan terakhir.

Agustus lalu, Jokowi secara mendadak memanggil Ketua Umum Partai Golkar ke istana, dan memerintahkan mereka untuk mendukung Prabowo.

Baca Juga: Prabowo Diangkat Jadi Anggota Kehormatan Projo

Menurut empat sumber yang mengetahui pertemuan tersebut kepada Reuters, Golkar sebelumnya akan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar.

Dua sumber mengatakan, Partai Amanat Nasional (PAN) menerima instruksi yang sama. Beberapa hari kemudian, terbukti Golkar dan PAN mengumumkan dukungan kepada Prabowo.

PAN membantah laporan ini, sedangkan staf kepresidenan dan Golkar tidak memberikan tanggapan atas permintaan konfirmasi Reuters.

Jokowi juga memberikan dukungan kepada Ganjar, dengan mengirimkan tim dan kelompok sukarelawan untuk bekerja pada kampanyenya, menurut empat sumber.

Related Articles

Latest Articles