22.9 C
New York
Thursday, June 13, 2024

Koalisi PM Petahana India Narendra Modi Klaim Menang Pemilu 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Aliansi Demokratik Nasional (NDA) secara resmi mengklaim memenangkan Pemilu India 2024, Jumat (7/6/24). Para pemimpin NDA bertemu dengan Presiden Droupadi Murmu untuk mengajukan klaim kemenangan koalisi, yang akan dipimpin oleh partai Perdana Menteri Narendra Modi, Partai Bharatiya Janata (BJP).

Setelah klaim ini, Murmu diperkirakan akan secara resmi mengundang Modi pada Jumat untuk membentuk pemerintahan. Pelantikan Modi dijadwalkan berlangsung pada Minggu (8/6/24).

“Ini adalah keberuntungan saya bahwa NDA memilih saya untuk memimpin,” ujar Modi setelah aliansi memilih dengan suara bulat baginya untuk memimpin India, Selasa (4/6/24).

Baca juga:Narendra Modi Pertahankan Jabatan PM India Selama 3 Periode  

“Kami telah memenangkan suara mayoritas. Tapi untuk menjalankan negara, suara bulat adalah suara yang sangat penting. Kami akan berjuang untuk mendapat suara bulat,” ucapnya seperti dikutip Reuters.

Ini merupakan kali pertama dalam satu dekade BJP butuh dukungan dari partai-partai lain karena kekurangan suara.

Dalam pemilu ini, BJP hanya mengantongi 240 suara, jauh di bawah ambang batas minimal 272 untuk majelis rendah parlemen India Lok Sabha yang memiliki total 543 kursi.

NDA sementara itu memenangkan suara mayoritas dengan capaian 293 kursi parlemen. Perolehan ini cukup bagi koalisi untuk membentuk pemerintahan bersama BJP. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles