16.6 C
New York
Monday, October 21, 2024

Israel Keluarkan Peringatan, Ratusan Warga Lebanon Mengungsi Diiringi Ledakan

Al-Qard al-Hassan, yang menurut Amerika Serikat (AS) digunakan oleh Hizbullah yang didukung Iran untuk mengelola keuangannya, memiliki lebih dari 30 cabang di seluruh Lebanon, termasuk 15 di wilayah padat penduduk di pusat Beirut dan pinggirannya.

Namun terkait dengan hal itu, belum ada pernyataan langsung dari organisasi tersebut, Hizbullah, atau pemerintah Lebanon.

Baca juga: Menteri Pertahanan Italia Desak Perkuat Pasukan UNIFIL di Tengah Serangan Israel

Ketika ditanya wartawan, apakah cabang-cabang tersebut dapat dianggap sebagai target militer, seorang pejabat senior intelijen Israel mengatakan, tujuan serangan itu adalah untuk menargetkan kemampuan fungsi ekonomi Hizbullah.

“Baik selama perang tetapi juga setelahnya untuk membangun kembali dan mempersenjatai kembali, pada hari berikutnya.” ungkap pejabat senior intelijen tersebut.

Pertempuran lintas perbatasan antara Israel dan Hizbullah meletus setahun lalu ketika kelompok itu mulai meluncurkan roket untuk mendukung kelompok militan Palestina Hamas di Gaza.

Pada awal Oktober, Israel melancarkan serangan darat ke Lebanon dalam upaya menstabilkan wilayah perbatasan bagi warganya yang telah melarikan diri dari serangan roket di Israel utara. (rtc/hm20)

Related Articles

Latest Articles