25.7 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Intelijen India Dituding Berada di Balik Pembunuhan Tokoh Sikh Kanada

Komisi tinggi India di Ottawa tidak merespons permintaan komentar dari Reuters.

Sementara itu, pejabat di New Delhi mengatakan lalu bahwa Modi telah menyampaikan keprihatinan yang kuat tentang protes di Kanada terhadap India kepada Trudeau.

Kanada merupakan negara dengan jumlah penduduk Sikh terbesar di luar Punjab, India. Negara ini juga menjadi tempat puluhan demonstrasi separatis Sikh yang membuat India merasa terganggu.

Kanada adalah rumah bagi salah satu komunitas diaspora India terbesar, yang berjumlah sekitar 1,4 juta dari total populasi Kanada sekitar 40 juta orang. Sekitar 770.000 orang melaporkan Sikhisme sebagai agama mereka dalam Sensus 2021.

Baca Juga: Staf Evergrande Ditahan Kepolisian China

Kedua negara, yang sebelumnya tahun ini mengatakan bahwa mereka dapat menyetujui garis besar perjanjian perdagangan pada akhir 2023, sekarang telah membekukan pembicaraan tentang kesepakatan tersebut.

Kanada memberikan sedikit rincian sementara India menyebut beberapa perkembangan politik. Menurut Badan Statistik Kanada, perdagangan bilateral pada tahun 2022 hanya sekitar CAD 13,7 miliar dari total CAD 1,52 triliun.

Trudeau tidak secara langsung menuduh India telah terlibat. Namun, Menteri Luar Negeri Melanie Joly kemudian menggunakan bahasa yang lebih berhati-hati, mengatakan ‘jika terbukti benar’ tuduhan tersebut tidak dapat diterima.

Related Articles

Latest Articles