20.5 C
New York
Friday, May 10, 2024

Firefly Aerospace Berhasil Luncurkan Satelit untuk Angkatan Luar Angkasa AS

MISTAR.ID

Firefly Aerospace akhirnya berhasil meluncurkan satelit untuk Angkatan Luar Angkasa AS dalam waktu kurang dari 24 jam, Kamis (21/9/23). Bill Weber, CEO Firefly Aerospace, mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan ini.

“Hari ini merupakan kesuksesan luar biasa bagi Angkatan Luar Angkasa, tim Firefly, dan negara kita setelah menyelesaikan misi luar angkasa yang responsif dan kompleks ini,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

“Tim gabungan kami, baik dari sektor komersial maupun pemerintah, berhasil melaksanakan misi ini dengan kecepatan, ketangkasan, dan fleksibilitas yang luar biasa, yang akan meningkatkan kemampuan kami dalam memenuhi kebutuhan keamanan nasional,” tambahnya.

Baca juga: Satelit Satria-1 Tak Jadi Layani 150 Ribu Titik Wilayah

Keberhasilan ini mencatatkan rekor baru di antara perusahaan-perusahaan ruang angkasa komersial untuk peluncuran yang responsif, dengan selisih waktu yang cukup besar dibandingkan dengan rekor sebelumnya, yang dibuat oleh Northrop Grumman pada Juni 2021 dengan waktu 21 hari.

Anak perusahaan Boeing, Millennium Space Systems, juga sebelumnya pernah meluncurkan satelit dengan waktu nyaris 60 jam yang diterbangkan dari El Segundo, California, ke Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg dan mengintegrasikannya dengan adaptor muatan Alpha. Pekerjaan ini dilaporkan selesai dalam waktu 58 jam. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles