16.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Dituduh Coba Ubah Konstitusi, Presiden Filipina Terancam Digulingkan

Filipina, MISTAR.ID

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr terancam akan digulingkan oleh pendahulunya Rodrigo Duterte, karena dituduh mencoba mengubah konstitusi agar dapat melanggengkan kekuasaan.

Ancaman Duterte yang disampaikan dalam pidatonya pada hari Minggu, telah menandai rusaknya hubungan antara dua keluarga politik yang kuat di Filipina. Perseteruan politik yang memanas itu mengikuti spekulasi lama tentang permusuhan antar-keluarga.

Putri Duterte, Sara Duterte, mencalonkan diri bersama Marcos Jr pada pemilu 2022, menang telak, dan sekarang menjadi wakil presidennya. Namun, keretakan muncul dalam aliansi mereka. Marcos Jr telah membalas ancaman Duterte dengan menyebut pendahulunya itu sebagai pecandu narkoba.

“Saya pikir itu karena fentanil,” ujarnya.

Baca Juga : Menlu Tiongkok dan Filipina Diskusi Masalah Laut China Selatan

Menurut Marcos Jr, narkoba tersebut—yang Duterte akui di masa lalu digunakan untuk menghilangkan rasa sakit setelah kecelakaan sepeda motor—telah mengganggu penilaiannya.

“Dia telah mengonsumsi narkoba tersebut dalam waktu yang sangat lama. Setelah lima, enam tahun, narkoba tersebut akan berdampak padanya,” ujar Marcos Jr, seperti dikutip The Guardian, Selasa (30/1/24).

Dalam pidatonya, Duterte memperingatkan Marcos Jr agar tidak melakukan amandeman apa pun terhadap konstitusi, dan mengancam bahwa presiden bisa digulingkan seperti ayahnya. (snc/hm24)

Related Articles

Latest Articles