6 C
New York
Saturday, March 2, 2024

China Tutup Pasar Elektronik Terbesar Dunia

Shenzhen, MISTAR.ID

China tiba-tiba menutup pasar elektronik terbesar dunia yang berada di Kota Shenzhen, Huaqiangbei. Pejabat mengonfirmasi hal tersebut Senin, sebagaimana dikutip dari Reuters (29/8/22).

Penutupan akan berlangsung hingga 2 September. Pasar Huaqiangbei yang terdiri dari tiga bangunan, memiliki ribuan kios yang menjual microchip, suku cadang telepon, dan komponen lainnya ke produsen.

Disinyalir, penerapan kebijakan China nol Covid-19 yang menjadi salah satu alasannya. Bahkan China tak segan melakukan lockdown jika ada kasus.

Baca juga:Ekonomi Amblas Akibat Covid, 100 Ribu Pejabat China Gelar Rapat Darurat

Pusat teknologi itu melaporkan ada sembilan kasus bergejala dan dua tanpa gejala, kemarin. Penutupan ini diyakini akan merugikan Huaqiangbei, yang sebelum pandemi disibukkan dengan pengusaha asing yang mencari komponen sumber di China.

Kondisi ini juga dikonfirmasi pekerja setempat. Sebanyak tiga orang yang bekerja di sana mengatakan manajer gedung telah menyuruh mereka untuk bekerja dari rumah.

Sementara itu, layanan kereta bawah tanah di 24 stasiun di distrik pusat Futian dan Luohu juga dihentikan. Di Futian, pusat pemerintahan kota, para pejabat juga mengumumkan bahwa bioskop, bar karaoke, dan taman akan ditutup sedangkan acara publik besar dibatalkan hingga 2 September.

Baca juga:8 Polisi di China Masuk Sel Akibat Lindungi Geng Kejahatan

Dari data Minggu, Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan 1.696 infeksi Covid-19 baru. Sebanyak 352 di antaranya bergejala dan 1.344 tidak menunjukkan gejala. (cnbc/hm06)

Related Articles

Latest Articles