23.2 C
New York
Sunday, August 4, 2024

Banjir Bandang Terjang Arab Saudi, Jembatan Hanyut

Jizan, MISTAR.ID

Banjir bandang menerjang wilayah barat daya Arab Saudi atau tepatnya di Provinsi Jizan. Banjir mengakibatkan jembatan hanyut dan menewaskan satu orang, Sabtu (3/8/24).

Beberapa orang juga terluka akibat runtuhnya jembatan di kota pelabuhan Laut Merah, Jizan. Pusat Meteorologi Nasional setempat memperingatkan hujan lebat masih akan turun di Provinsi Jizan dalam beberapa hari ke depan. Sementara badai petir diperkirakan terjadi di pegunungan.

Provinsi Jizan memiliki iklim yang sangat berbeda. Dataran pantai sempit di sepanjang Laut Merah mengalami suhu tertinggi di Arab Saudi. Suhunya jauh lebih dingin, dengan curah hujan yang signifikan bahkan di musim panas.

Baca juga: Arab Saudi Amankan 21 Orang yang Masuk Tanpa Izin

Pemerintah juga menghentikan aktivitas sekolah di sejumlah daerah. Sekolah kini dialihkan ke sistem daring. Dilansir dari tempo, Minggu (4/8/24), Universitas Jeddah, Universitas Raja Abdul Aziz, dan Universitas Umm Al Qura telah menunda ujian hingga waktu yang belum bisa dipastikan.

“Pihak universitas meminta mahasiswa untuk tetap di rumah,” tulis pengumuman kantor berita setempat.

Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil mengatakan sebagian besar wilayah Arab Saudi akan mengalami hujan badai mulai dari intensitas sedang hingga deras, disertai angin kencang, hingga hari Jumat depan (9/8/24).

Daerah yang terkena dampak meliputi Asir, Baha, Makkah dan Madinah, Jazan, Qassim, Jawf, Hail, Tabuk, Perbatasan Utara, Riyadh, dan Provinsi Timur. (tempo/hm20)

Related Articles

Latest Articles