28.2 C
New York
Sunday, June 23, 2024

Balas Tindakan AS, China Blokir Chip Produksi Micron

China, MISTAR.ID

Chip memori computer asal Amerika Serikat, yaitu Micron belakangan ini dilarang masuk ke China. Hal itu dibenarkan Departemen Pedagangan AS, dan keputusan China itu akan dikomunikasikan dengan para mitranya terkait dampak yang mungkin terjadi.

“Kami akan berkomunikasi langsung dengan otoritas China untuk menjelaskan posisi kami dan mengklarifikasi keputusan mereka,” kata perwakilan Departemen Perdagangan AS, Senin (22/5/2023).

Sementara itu, perwakilan Micron Technology juga mengonfirmasi soal diblokirnya pengiriman chip memori ke perusahaannya ke China.

Baca Juga:Para Mendag G7 Berjanji Kendalikan Ekspor Teknologi

“Kami akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah China,” tertulis dalam keterangan tersebut.

Tahun lalu, Micron mengantongi 11% dari total pendapatannya dari China. Angka itu setara dengan US$ 30,8 miliar. Adapun portofolio produk mereka mencakup DRAM, memori flash NAND, dan SSD.

Beberapa klien besar Micron di China adalah Lenovo, Xiaomi, Inspur Electronics Information, ZTE, Coolpad, China Electronics Corp, dan Oppo.

Baca Juga:Start up teknologi asal Swiss akan Bangun Kereta Ultra Cepat Tembus Kecepatan 1.198 Kilometer per Jam

Dengan pemblokiran ini, beberapa raksasa teknologi produsen chip memori asal Korea Selatan akan diuntungkan. Misalnya Samsung Electronics dan SK Hynix.

Perlu diketahui, tindakan China dipredisi sebagai bentuk balas denam karena Pemerintah Amerika Serikat (AS) selama ini rajin memblokir teknologi dari perusahaan tira bambu tersebut. Misalnya saja Huawei dan ZTE yang dilarang menyokong peralatan jaringan telekomunikasi di negara adikuasa.

Baru-baru ini, TikTok juga diblokir dari perangkat pegawai negeri AS. Bahkan ada wacana untuk memblokirnya secara nasional.

Sanksi dari AS tersebut juga berdampak pada negara-negara sekutunya. Seringkali teknologi China yang diblokir AS turut disetop dari Eropa dan Inggris.(cnbc/hm17).

 

Related Articles

Latest Articles