14.8 C
New York
Monday, October 21, 2024

Badai Oscar Terjang Kuba, Jaringan Listrik Padam, Sekolah Diliburkan hingga Rabu

Kuba juga menyalahkan embargo perdagangan Amerika Serikat (AS), serta sanksi yang ditetapkan oleh Presiden Donald Trump saat itu, atas kesulitan yang berkelanjutan dalam memperoleh bahan bakar dan suku cadang untuk mengoperasikan dan memelihara pembangkit listrik berbahan bakar minyaknya.

Namun, AS membantah terlibat dalam kegagalan jaringan listrik tersebut.

Kuba bergantung pada impor untuk memasok pembangkit listrik berbahan bakar minyak yang sebagian besar sudah usang.

Pengiriman bahan bakar ke pulau itu telah menurun secara signifikan tahun ini karena Venezuela, Rusia, dan Meksiko, yang dulunya merupakan pemasok penting, telah memangkas ekspor mereka ke Kuba.

Baca juga: Menteri Pertahanan Italia Desak Perkuat Pasukan UNIFIL di Tengah Serangan Israel

Sekutu Venezuela, yang sedang berjuang untuk memasok pasarnya sendiri, memangkas setengah pengiriman bahan bakar bersubsidi ke Kuba tahun ini, yang memaksa pulau itu untuk mencari minyak yang lebih mahal di pasar spot.

Meksiko, pemasok rutin lainnya, tampaknya juga telah memangkas aliran bahan bakar ke Kuba selama tahun pemilihan presiden.

Presiden terpilih baru Claudia Sheinbaum belum mengatakan, apakah pasokan yang didukung negara ke Kuba akan terus berlanjut dengan ketentuan yang sama di bawah pemerintahannya. (rtc/hm27)

Related Articles

Latest Articles