31.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

474 Orang Ditahan Imbas Kerusuhan Anti Suriah di Turki

Ankara, MISTAR.ID

Pasca kerusuhan anti Suriah di sejumlah kota menyebabkan Otoritas Turki sudah menangkap setidaknya 474 orang.

Kerusuhan itu disebabkan oleh tudingan jika salah seorang laki-laki Suriah sudah melecehkan seorang anak.

“Sebanyak 474 orang ditahan usai aksi provokatif yang dilakukan terhadap warga Suriah di Turki,” tulis Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Turki Ali Yerlikaya di media sosial X, dilansir Al Arabiya, pada Rabu (3/7/24).

Baca juga:Kecelakaan Pesawat Latihan Militer Turki Tewaskan Dua Pilot

Gejolak meningkat mulai Minggu (30/6/24) lalu menyusul kekerasan di pusat kota Anatolia, pasca seorang pria Suriah dituduh berbuat pelecehan pada seorang anak.

Komplotan pria menargetkan bisnis dan properti Suriah di Kayseri pada Minggu (30/6/24), dengan video di media sosial (medsos) menampilkan 1 unit toko kelontong dibakar.

Di salah satu video, seorang pria Turki terdengar berteriak ‘Kami tak mau ada lagi warga Suriah! Kami tidak ingin ada lagi orang asing’.

Baca juga:Drone Turki Temukan Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran

Senin (1/7/24) Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menuding pihak oposisi pemantik ketegangan. Erdogan mengecam kekerasan terbaru terhadap warga Suriah merupakan hal yang tak bisa diterima.

Jurnalis AFP menuturkan, polisi Turki meningkatkan keamanan di sekitar konsulat Suriah di Istanbul, menerjunkan truk lapis baja dan berpatroli di sekitarnya. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles