23.4 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 1 Kg Sabu di Perairan Asahan, Tekong Kabur Ke Hutan Bakau

Tanjung Balai, MISTAR.ID

Tim F1QR Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan kembali menunjukkan kegigihannya dalam memerangi narkoba.

Sabtu (1/6/24), tim F1QR berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 1 kg narkoba jenis di Perairan Asahan.

Komandan Lanal (Danlanal) TBA, Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha menyatakan, operasi penangkapan berawal dari laporan nelayan yang melihat aktivitas mencurigakan di Perairan Asahan.

Baca juga:Polres Simalungun Tangkap Pengedar Narkoba di Perladangan Ubi, Sabu Diperoleh dari Warga Tebing Tinggi

“Tim F1QR Lanal TBA yang sigap langsung bergerak menuju lokasi dan menemukan sebuah sampan kaluk tanpa alat tangkap yang diawaki oleh 2 orang,” kata Wido.

Usai dilakukan pengejaran selama 15 menit, tekong sampan nekat mengandaskan sampannya dan melarikan diri ke hutan bakau. Sementara itu, penumpang perempuan yang ketakutan tetap berada di atas sampan.

“Tim dengan berani melompat ke laut untuk mengamankan sampan dan penumpang perempuan. Sayangnya, tekong sampan kaluk berhasil melarikan diri. Pengepungan dilakukan bersama instansi terkait yaitu Polairud, Bea Cukai dan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK),” tegas Danlanal.

Dari operasi tersebut, tim berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit sampan kaluk, 1 orang pelaku pembawa sabu sebanyak 4 bungkus dengan total berat 1.113 gram dan barang bawaan lainnya.

Baca juga:Jadi Kurir Puluhan Gram Sabu, Seorang Nelayan di Sumut Ditangkap

Keberhasilan dalam menggagalkan penyelundupan 1 kg sabu ini merupakan implementasi dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL untuk meningkatkan kewaspadaan dan merespon cepat informasi yang diterima, dalam hal ini upaya penyelundupan narkotika di wilayah perairan Indonesia.

Pelaku dan barang bukti kemudian dibawa ke Kantor BNNK Tanjung Balai untuk pendalaman dan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara kapal kayu diamankan di Dermaga Pos Binpotmar Bagan Asahan.

Salah seorang Tokoh Masyarakat di Bagan Asahan, Sanusi, mengapresiasi pencapaian itu.

“Ini menunjukkan komitmen TNI AL dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara dari bahaya narkoba. Mari kita bersama-sama dukung TNI AL dalam memerangi narkoba,” paparnya. (saufi/hm16)

Related Articles

Latest Articles