23 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Tiga Tersangka Pembakar Rumah Wartawan di Karo Jalani Tes Psikologi

Medan, MISTAR.ID

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) gelar tes psikologi terhadap tiga orang tersangka pembakaran rumah Rico Sempurna Pasaribu wartawan Tribrata TV di Jalan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo.

Ketiga pelaku yakni, BG yang berperan sebagai pemberi perintah untuk membakar rumah korban. Dua lagi adalah RAS dan YT sebagai eksekutor.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, tes psikologi dilakukan untuk membantu penyidik.

“Kita lakukan pemeriksaan psikologi pada Rabu (17/7/24) semalam. Pemeriksaan ini memberikan masukan berupa profil psikologi tersangka tindak pidana yang berisi tentang gambaran karakteristik,” ujar Hadi, Kamis (18/7/24).

Baca juga: KSP Diperintahkan Kawal Kasus Pembakaran Rumah Wartawan Karo

Kata Kombes Hadi, pemeriksaan psikologi biasanya tidak hanya dilakukan untuk para pelaku atau tersangka. Bisa juga terhadap saksi, bahkan korban tindak pidana.

Diterangkan Hadi, pemeriksaan psikologi ini didasarkan pada Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2007 tentang Tata Cara Penyusunan Profil Psikologi Terhadap Tersangka Tindak Pidana.

Metode dilakukan selama pemeriksaan psikologi berupa wawancara, observasi dan tes psikologi yang diintegrasikan dengan data tersangka, misalnya data riwayat hidup. (matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles