20.2 C
New York
Monday, September 23, 2024

Setelah Pasar Horas, Puluhan Rumah Terbakar di Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Kebakaran kembali terjadi di Kota Pematangsiantar yang menghanguskan sekitar puluhan rumah dan ruko, tepatnya Gang Karya Islam, Kampung Bangsal Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara pada Senin (23/9/24) sekitar pukul 03:15 WIB.

Menurut keterangan salah satu korban, Frans Siahaan menyebutkan, api berasal dari dalam rumah warga bernama Maria yang berada di tengah pemukiman Kampung Bangsal.

“Dari rumah Maria, kami mencoba memadamkan dengan alat seadanya” katanya Frans Siahaan dengan menekankan api cepat merambat karena saat kejadian angin cukup kencang. Selain angin, kabel ikut mengantarkan api dengan cepat ke bangunan yang lainnya.

Baca juga:Kebakaran di Pasar Horas Mulai Padam

Para korban juga mengaku kecewa karena Damkar datang sangat lambat, sehingga kebakaran tidak dapat diminimalisir.

Amatan mistar.id di lokasi, tampak pemilik rumah sedang mengais sisa-sisa barang yang masih bisa digunakan atau dimanfaatkan. Seperti yang dilakukan Frans Siahaan.

“Ini banyak kami lagi nyari-nyari, tapi kalau aku pribadi yang bisa diselamatkan hanya dokumen izasah, KK dan lain-lain” kata Frans Siahaan.

Sementara Kasi Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Pemko Pematangsiantar Remaja Ginting mengatakan, pihaknya mendapat informasi kebakaran sekitar pukul 04:00 WIB atau sekitar satu jam setelah kebakaran. Hal itu membuat mereka terlambat turun ke lokasi.

“Memang agak lama informasinya masuk ke kita, jadi sedikit terlambat, dan memang kebetulan ada juga kebakaran di Jalan Sutomo belakang Siantar Plaza” ucap Remaja.

Baca juga:Breaking News: Api Membakar Ratusan kios di Pasar Horas Siantar

Setelah informasi itu, empat Damkar diturunkan untuk memadamkan api. “Sudah padam, tapi sekarang masih proses pendinginan” kata Remaja Gintung di lokasi kejadian.

Remaja belum dapat memastikan penyebab kebakaran, tapi dari informasi yang diterima, api berasal dari bakaran anti nyamuk berupa sarang telur.

Perlu diketahui, Minggu dan Senin, ada tiga lokasi kebakaran di Kota Pematangsiantar. Pertama kebakaran Gedung V Pasar Horas. Peristiwa ini menghanguskan ratusan kios.

Kebakaran kedua terjadi di Jalan Diponegoro tepatnya di belakang Siantar Plaza, dan terakhir di Jalan Kampung Bangsal. Informasinya jumlah rumah yang terbakar sedikitnya 20 unit. (roland/hm17)

Related Articles

Latest Articles