16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

RM Ayam Pecak Siantar Terbakar, Api Berasal dari Kompor Penggorengan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pematang Siantar berhasil memadamkan kobaran api dalam peristiwa kebakaran di Rumah Makan (RM) Ayam Pecak Maha Asik di Jalan Bola Kaki Kampung Banjar, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, pada Jumat (15/9/23) sekitar pukul 14.30 WIB.

Dalam peristiwa itu, pihak damkar menurunkan 5 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) terdiri dari 3 unit milik Pemko Pematang Siantar, 1 unit milik PT STTC dan 1 unit lainnya milik Pemkab Simalungun.

Kepala Seksi Pemadaman dan Penyelamatan, Remaja Ginting menerangkan, titik api berasal dari dapur RM, dimana dugaan sementara api bersumber dari kompor saat para karyawan memasak.

Baca juga: Rumah Makan Ayam Pecak Jalan Bola Kaki Siantar Terbakar, Sejumlah Karyawan Pingsan

Api pun membakar isi dapur dan asap mengepul hingga memenuhi rumah makan.

Ini membuat pihak damkar harus membongkar bagian asbes rumah, untuk memastikan tidak ada lagi api yang tersisa. Api pun berhasil dipadamkan setelah 1 jam.

Dalam peristiwa ini, 2 orang karyawan pingsan, karena sesak napas dan sudah dilarikan ke Rumah Sakit (RS) terdekat.

“Titik api dari dapur, dan dugaan kita dari kompor masak. Korban luka tidak ada, tetapi 2 orang pingsan karena panik dan sesak napas,” ucap Remaja.

Sementara itu, salah seorang karyawan bernama Kasiani bertugas sebagai pemasak menerangkan, awalnya api berasal dari kompor penggorengan. Dimana api bertambah besar dan kemungkinan menyambar tabung gas, sehingga menimbulkan suara letupan.

Baca juga: Dapur Cafe Ayam Pecak Maha Asik Siantar Terbakar, Pengunjung Panik Berhamburan

Sambaran api dan suara letupan itu pun membuat para karyawan kocar-kacir dan melarikan diri ke depan RM untuk menyelamatkan diri.

Kasiani mengatakan, sebelum-sebelumnya hal serupa sering terjadi, namun api tidak pernah membesar, sehingga tidak menimbulkan kebakaran.

“Sebenarnya biasa seperti itu, tapi tadi apinya makin besar, ada suara letupan juga, saya enggak berani, jadi kami langsung lari kedepan semua,” ucap Kasiani menjelaskan.

Pemilik RM bernama Icha, ketika ditanyai belum mengetahui berapa banyak kerugian yang dialami mereka atas insiden kebakaran ini.

Dikatakan Icha, dalam pengelolaan usaha itu, mereka hanya sebagai pengontrak di tempat tersebut, sehingga kerugian akan ditanggung mereka seluruhnya.

Baca juga: Newsroom: Apotek Kimia Farma Siantar Terbakar

Dia juga mengaku, terkejut dengan kejadian itu, karena saat kebakaran, dirinya baru saja selesai melaksanakan ibadah sholat.

Berselang beberapa waktu, Icha  istri pemilik RM terlihat pingsan karena syok, dan kemudian dilarikan menggunakan mobil ambulance.

Pantauan mistar.id di lokasi, ratusan warga heboh, sembari ikut membantu korban dalam mengamankan barang-barang di dalam RM itu. (roland/hm16)

Related Articles

Latest Articles