15.8 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Ratusan Masyarakat Demo, Dukung Hak Angket dan Desak Pemakzulan Presiden Jokowi

Medan, MISTAR.ID

Ratusan pengunjuk rasa dari Masyarakat Sumatera Utara Menggugat Demokrasi Indonesia (MSMD) menggeruduk pintu gerbang Kantor Gedung DPRD Sumut di Jalan Imam Bonjol, Medan, pada Selasa (5/3/2024).

Dalam demonstrasi itu, massa aksi meminta DPRD Sumut untuk mendesak DPR RI menggunakan hak angket dalam menangani sengketa pemilu dan sekaligus memakzulkan Presiden Joko Widodo. Meski hujan terus mengguyur, semangat massa tetap terjaga dan mereka bertahan berunjuk rasa dengan badan basah kuyup.

Dalam aksinya, massa yang mengenakan pakaian hitam membawa keranda dan spanduk-spanduk dengan tuntutan mereka. Beberapa di antara mereka mengenakan selempang serupa jubah putih dengan poin-poin tuntutan tercetak.

Baca juga: Ribuan Massa Demo, Minta DPR Segera Gelar Hak Angket Soal Pemilu

Juhendry Chaniago, seorang orator aksi, menyatakan, aksi mereka merupakan bentuk keprihatinan terhadap kondisi demokrasi di Indonesia. Ia juga mengkritisi lonjakan harga kebutuhan pokok dan utang luar negeri di masa pemerintahan Presiden Jokowi.

“Indonesia saat ini sedang mengalami krisis akibat Pemilu. Habis Pemilu, krisis-krisis mulai muncul. Sebelum Pemilu, mereka membagi-bagikan beras. Setelah Pemilu, krisis beras,” tuding Juhendry.

Selain mendukung hak angket dan mengkritisi harga beras, massa juga menuntut DPR untuk menyelidiki APBN dan utang luar negeri. Aksi ini berlanjut hingga pukul 12.20 WIB, dengan Edi Surahman Sinuraya, anggota DPRD Sumut dari Partai Golkar, menyatakan menerima aspirasi massa dan akan meneruskannya kepada Ketua DPRD Sumut.
“Kami terima aspirasi Bapak, Ibu,” pungkasnya. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles