6.5 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Puluhan Warga Madina Keracunan Gas H2S dari PT. SMGP

Madina, MISTAR.ID

Puluhan Warga Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Merapi Kabupaten Mandailing Natal, mengalami keracunan Gas H2S, diduga akibat kebocoran Hydrogen Sulfide (H2S) milik PT Sorik Merapi Geothermal, saat PT. SMGP melaksanakan operasi pembukaan sumur di Wellpad AAE, Desa Sibanggor Julu.Minggu (06/03/22) sekitar pukul 18.00 wib tadi.

Saat ini puluhan warga sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Panyabungan, untuk mendapatkan pertolongan.

Menurut keterangan Khoirun (Ketua Naposo Nauli Bulung Sibanggor Julu, Sebelumnya PT. SMGP telah mengumumkan melalui pengumuman di Mesjid Desa Sibanggor Julu bahwa akan dilakukan Well Test di Well Pad AAE pada pukul 15.00 WIB, namun, sekitar pukul 16.00 WIB, warga mencium bau tidak sedap dan menyengat, dimana beberapa warga mengalami muntah dan ada yang pingsan.

Baca juga:12 dari 15 Anak Panti Asuhan Darul Aitam yang Keracunan Makanan Sudah Boleh Pulang

Sementara itu, pihak PT. SMGP Roby menyampaikan, pihak mereka memang benar PT. SMGP sedang melakukan kegiatan Well Test di Well Pad AAE di Desa Sibanggor Julu sekitar pukul 15.00 WIB.

Awalnya pada saat pembukaan tidak terdeteksi adanya sebaran H2S. Namun setelah pembukaan terdapat keluhan dari masyarakat ada yang mencium bau diduga H2S dan mengalami muntah dan lemas. Setelah mendapat keluhan tersebut, perusahaan langsung melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak ke RSUD Panyabungan, ujar Roby (asrul/hm06).

Related Articles

Latest Articles