17.4 C
New York
Friday, September 6, 2024

PT MSJ Diduga Buang Limbah ke Sungai, Puluhan Mahasiswa PPL-PL Demo ke Polres dan Dinas LHK Palas

Palas, MISTAR.ID

Puluhan Pemuda dan Mahasiswa mengatasnamakan Pemuda Pemerhati Lingkungan Padang lawas (PPL-PL) berunjuk rasa di depan Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan Polres Padanglawas, Jumat sore (6/9/24).

Aksi protes mahasiswa itu terkait dugaan limbah yang dibuang oleh PT Multi Agro Sumatera Jaya (MSJ) ke Sungai.

Koordinator aksi, Panaekan Hasibuan menyampaikan PT Multi Agro Sumatera Jaya (MSJ) yang beroperasi di  perbatasan Desa Aliaga dan Desa Menanti Kecamatan Hutaraja Tinggi diduga telah melakukan pencemaran lingkungan.

Baca juga : Dinas LHK Padang Lawas Masih Minim Sarana Pengangkut Sampah

Alasannya, limbah perusahaan diduga sengaja dibuang ke Aliran Sungai Sosa, padahal sebelumnya Sungai tersebut awalnya bersih dan setiap harinya dimanfaatkan oleh masyarakat, Namun, sekarang telah sangat kotor berubah warna menjadi hitam pekat.

Panaekan menyebut masyarakat setempat sangat resah dengan keadaan sungai tersebut dan dikhawatirkan apabila limbah tersebut masih dibuang ke aliran sungai. Maka akan menimbulkan penyakit akibat zat yang berbahaya serta merusak habitat alaminya.

Kabid Persampahan dan Limbah B3 Pengendalian Pencemaran DLHK Palas, Rini Harahap menyampaikan Kepala Dinas (Kadis) sebagai atasannya sedang tidak berada di Kantor.
“Mohon maaf pak Kadis sedang tidak berada di Kantor. Nanti setelah ini akan kami sampaikan ke beliau (Kadis),” ucapnya.

Related Articles

Latest Articles