23.4 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Matahari Terik dan Angin Kencang Picu 7 Rumah Cepat Terbakar di Sinaksak

Simalungun, MISTAR.ID

Tujuh unit rumah di Jalan Medan Titi Gantung, Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun dilalap si jago merah, pada Kamis (2/5/24).

Penanggung Jawab Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun, Michael Saragih mengatakan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 14.00 WIB.

“Api berhasil dipadamkan sekitar 1 jam berselang,” ucap Michael.

Baca juga:Beberapa Rumah Ludes Terbakar di Sinaksak Simalungun

Sementara itu, Kepala Seksi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Pematangsiantar, Remaja Ginting menerangkan, dugaan sementara penyebab kebakaran karena korsleting atau hubungan arus pendek listrik.

Dari korsleting itu kemudian merembes dan membakar 7 unit rumah lainnya “Kita ikut membantu karena tahu itu pemukiman padat penduduk,” paparnya.

Dia menambahkan, kebakaran hebat itu juga akibat kencang angin dan terik matahari, sehingga api cepat merembet dari rumah satu ke rumah lainnya. “Tidak ada korban, namun kerugian mencapai Rp 300 juta,” paparnya.

Baca juga:Odong-odong di Siantar Terbakar Saat Bawa Penumpang

Remaja mengatakan, pihaknya menurunkan 4 unit mobil damkar, dari PT STTC, Pemkab Simalungun dan PT Bridgestone masing-masing 1 unit.

Sementara itu, Lurah Sinaksak, Armada Purba mengungkapkan, ini adalah peristiwa kebakaran kedua setelah lebaran di daerah yang dipimpinnya.

“Sebelumnya terjadi di Lingkungan V, syukur lah tidak ada korban jiwa,” sebutnya. (roland/hm16)

Related Articles

Latest Articles