31.8 C
New York
Monday, June 24, 2024

Lantai Jembatan Titi Besi Ambrol, Truk Galian C Nyaris Tercebur ke Sungai

Langkat, MISTAR.ID

Jembatan titi besi yang melintasi Sungai Air Tenang di Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat jebol, Selasa (11/6/2024) sore. Satu unit truk pengangkut material galian C terperosok dan nyaris tercebur ke dalam aliran Sungai Air Tenang.

Jebolnya lantai jembatan ini berawal saat truk tersebut sedang melintas. Tiba-tiba terdengar suara ‘brak’ dari lempengan besi baja yang patah. Besi baja itu selama ini digunakan untuk menutup lubang lubang besar yang ada di tengah jembatan titi besi.

Tak lama kemudian, bagian belakang truk terperosok dan nyaris tercebur ke dalam sungai. Beruntung supir truk langsung melompat menyelamatkan diri. Sedangkan truk dalam posisi tergantung di tengah jembatan.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun warga sekitar langsung memadati lokasi. Bahkan, sebagian warga di sana merasa senang atas ambruknya jembatan yang sudah rusak parah itu.

“Kalau gak ambruk, entah kapan-kapan jembatan ini diperbaiki,” ujar Fahrudin, warga sekitar.

Baca Juga : Jalan Longsor dan Jembatan Amblas di Panei Kabupaten Simalungun

Untuk sementara, warga di sana akan menggunakan jalan dan jembatan alternatif dari Benteng Sari. Tapi jembatan itu hanya bisa dilintasi sepeda motor dan mobil-mobil kecil. Kendaraan jenis truk dipastikan tidak bisa melintasi jalan alternatif tersebut.

Warga Kecamatan Batang Serangan dan Padang Tualang berharap, agar jembatan sebagai urat nadi penghubung dua kecamatan itu segera diperbaiki. Karena, jika akses jembatan tersebut putus, maka perekonomian warga di sana juga akan terancam lumpuh. Selain itu, akses ke objek wisata Tangkahan juga akan terganggu.

Camat Batang Serangan, Robbi Rezeki membenarkan ambruknya Jembatan Air Tenang. “Sebentar ya. Kami masih di lokasi. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa. Nanti saya hubungi kembali,” kata Robbi via telepon. (endang/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles