26.7 C
New York
Friday, August 2, 2024

Lahan Gambut di Dua Lokasi Kabupaten Asahan Terbakar

Asahan, MISTAR.ID

Dua kebakaran besar melanda lahan gambut di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), menyusul cuaca panas yang menyengat dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan terjadi kebakaran di dua lokasi berbeda antara Jumat (26/7/24) hingga Minggu (28/7/24).

“Yang pertama terjadi pada hari Jumat di Desa Alang Bonbon, Kecamatan Aek Kuasan, seluas sekitar 10 hektar. Kemudian, pada hari Minggu, kebakaran meluas di Kecamatan Simpang Empat dengan luas area terbakar mencapai 3 hektar,” jelas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Asahan, Zulfahri Harahap, saat dihubungi, Senin (29/7/24).

Baca juga : Sudah 5 Hari, Kebakaran 15 Hektar Lahan Gambut dan Sawit Warga Asahan Belum Padam

Zulfahri menjelaskan kebakaran di lokasi pertama sudah berhasil dipadamkan pada Minggu (28/7/24) dengan bantuan masyarakat setempat. Namun, upaya pemadaman di lokasi kedua masih terus berlangsung.

“Kebakaran di Simpang Empat masih dalam proses pemadaman. Tantangannya adalah kondisi lahan gambut yang sulit diakses dengan air. Cuaca panas dan angin kencang juga memperburuk situasi dan menghambat upaya pemadaman,” tambahnya.

Lahan yang terbakar sebagian besar adalah perkebunan sawit milik warga, sedangkan sebagian lainnya terdiri dari sisa pohon dan rerumputan yang sangat kering.

Baca juga : 15 Hektar Lahan Gambut di Asahan Terbakar, Polisi Curigai Unsur Kesengajaan

“Untuk saat ini, kami belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Namun, cuaca panas yang ekstrim bisa menjadi salah satu faktor pemicu. Kami mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sembarangan, terutama untuk membuka lahan,” pungkas Zulfahri.

Pihak berwenang masih akan menyelidiki penyebab pasti dari kebakaran tersebut, seiring terus berusaha mengatasi dampaknya. (perdana/hm18)

Related Articles

Latest Articles