16.5 C
New York
Friday, June 28, 2024

Labfor Polda Sumut Temukan Beberapa Fakta Kebakaran Rumah Wartawan di Karo

Karo, MISTAR.ID

Pelaksana Harian (Plh) Kapolres Tanah Karo AKBP Oloan Siahaan, memberikan penjelasan terkait insiden kebakaran rumah wartawan di Jalan Nabung Surbakti Ujung, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kamis (27/6/24) dini hari kemarin.

Keempat jenazah korban telah diverifikasi oleh Tim Dokter Otopsi Rumkit Bhayangkara, bahwa keempat korban adalah benar orang yang tinggal di objek yang terbakar sesuai keterangan saksi. Keempatnya adalah Sempurna Pasaribu(47), istrinya Elfrida Ginting (48), anaknya Sudi Investi Pasaribu (12) dan cucunya Loin Situngkir (2).

Dari hasil investigasi olah TKP, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumatera Utara mengungkap sejumlah fakta terkait peristiwa tersebut. Pertama, lokasi api pertama kebakaran (LAPK) ditemukan di permukaan lantai dekat dinding kanan dalam rumah. Lokasi ini juga berdekatan dengan tempat ditemukannya keempat jenazah korban di sebuah kamar sempit berukuran 2×3 meter.

Kedua, menurut keterangan saksi, suami korban kembali ke rumah sekitar pukul 01.00 WIB, sedangkan kebakaran terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Ketiga, di dalam rumah yang berukuran sekitar 3,5×9 meter tersebut, korban menyimpan bensin sebagai barang dagangan, selain gas serta kebutuhan sehari-hari lainnya.

Baca Juga : Tim Inafis Diturunkan Selidiki Penyebab Kebakaran Rumah Wartawan di Karo

Dari adanya beberapa barang-barang di warung tersebut, menimbulkan suara ledakan yang didengar para saksi. Hal ini disebabkan oleh intensitas kebakaran yang tinggi, dipicu oleh bahan-bahan yang mudah terbakar seperti pertalite dan gas ukuran 3 Kg.

Oloan menyampaikan temuan-temuan ini merupakan hasil sementara dari pemeriksaan TKP oleh Tim Labfor Polda Sumut kemarin. “Dengan temuan ini, diharapkan penyelidikan lebih lanjut dapat mengungkap secara jelas penyebab dan kronologi kebakaran,” katanya, Jumat (28/6/24).

Oloan juga menegaskan pihaknya akan terus melakukan penyelidikan mendalam untuk memastikan tidak ada faktor lain yang terlewat dalam kasus ini. “Polisi mengedepankan scientific crime investigation, dengan Tim dari Polres dan yang diturunkan Polda Sumut berharaf penyebabnya segera diketahui,” pungkasnya. (eva/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles