23.7 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Kemacetan Parah Sejak Dini Hari di Air Batu Asahan Berhasil Diurai

Asahan, MISTAR.ID

Kemacetan parah terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan. Kemacetan itu terjadi sejak, Selasa (20/8/24) dini hari dan baru berhasil diurai pukul 07.00 WIB.

Kemacetan membuat arus lalu lintas terhenti total selama lebih dari satu jam. Bahkan sejumlah pengemudi memilih tidur di dalam kendaraan mereka akibat kelelahan menunggu antrean yang tidak kunjung bergerak.

Informasi diterima koresponden Mistar.id, situasi macet disebabkan pekerjaan pengecoran jalan yang tengah berlangsung di salah satu titik ruas jalan di Jalinsum Asahan.

Kasat Lantas Polres Asahan, AKP Dwi Himmawan Candra mengatakan, pekerjaan tersebut mengalami kendala akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah itu, sehingga memperlambat proses pengecoran.

“Pekerjaan pengecoran jalan di turunan RGM, tepatnya di wilayah Kecamatan Air Batu, menjadi penyebab utama kemacetan. Proses ini diprediksi akan berlangsung selama seminggu ke depan,” ujar Himmawan.

Baca Juga : Kemacetan di Wilayah Hukum Polsek Sunggal, Ini Kata Kanit Lantas

Kondisi semakin parah ketika banyak pengemudi baik dari kendaraan pribadi maupun bus, tidak sabar menunggu giliran dan berusaha saling mendahului. Tindakan ini justru memperburuk situasi, menyebabkan terjadinya ‘kuncian’ atau blokade total di jalur tersebut. Bahkan, beberapa kendaraan mengalami masalah teknis, menambah panjangnya antrean.

“Penyebab lainnya adalah ketidaksabaran pengendara yang saling mendahului di tengah kemacetan. Jalur jadi terkunci, dan kendaraan-kendaraan tersebut tidak bisa bergerak sama sekali. Kondisi ini diperburuk oleh beberapa pengemudi yang tertidur di kendaraan mereka, sehingga memperlambat pergerakan arus,” tambahnya.

Melihat situasi yang semakin tidak terkendali, personel Satlantas Polres Asahan dikerahkan ke lokasi untuk mengurai kemacetan yang terjadi dari dua arah, yakni menuju Rantauprapat dan Medan. Upaya ini dilakukan untuk memastikan lalu lintas dapat kembali berjalan normal.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles