23.2 C
New York
Wednesday, June 19, 2024

Kelompok Tani Betahamu Demo Kodam I/BB Soal Konflik Agraria HGU Lahan Puskopkar A

Medan, MISTAR.ID

Kelompok Tani Betahamu demo Kodam I/BB di Jalan Gatot Subroto Kota Medan, Rabu (19/6/24). Para petani mendemo Kodam I/BB terkait kasus konflik agraria Hak Guna Usaha (HGU) lahan Puskopkar A.

Anggota Kelompok Tani Betahamu, M Sita Situmorang menerangkan mereka telah membayar uang sewa terkait lahan yang dimiliki Puskopkar A.

Disebutkannya, Puskopkar A telah menerima uang Rp331 juta untuk penyewaan lahan yang terletak di Desa Perjuangan Kecamatan Sungai Bale Kabupaten Batu Bara seluas 89,36 hektar.

Baca juga : Ratusan Massa Desak Pj Gubernur Selesaikan Konflik Agraria yang Tak Kunjung Usai di Sumut

“Lahan yang dimaksud itu adalah HGU dari Puskopkar ataupun Kodam. Kami dari koperasi Betahamu menyewa lahan dari Puskopkar. Sewa dari tanggal 20 Desember 2021, kami sudah bayar Rp331 juta,” kata Sita.

Sita menerangkan terkait permasalahan yang terjadi ketika pihak mereka telah membayar uang sewa. Namun Kelompok Tani Betahamu tidak dapat menggarap lahan tersebut.

Disebutkan ada oknum purnawirawan TNI yang menjadi penggarap tanah tersebut. Sementara Puskopkar A tidak melakukan tindakan apapun atas masalah ini.

Related Articles

Latest Articles